Breaking News:

Polemik Soal Pakta Integritas, UI: yang Beredar di Kalangan Mahasiswa Baru Bukan Dokumen Resmi

Universitas Indonesia menanggapi soal pakta integritas yang menimbulkan polemik khususnya di kalangan mahasiswa baru.

Istimewa
Universitas Indonesia 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Universitas Indonesia menanggapi soal pakta integritas yang menimbulkan polemik khususnya di kalangan mahasiswa baru.

"Dokumen berjudul "Pakta Integritas" yang telah beredar di kalangan mahasiswa baru UI bukanlah merupakan dokumen resmi yang telah menjadi keputusan pimpinan UI," kata Biro Humas dan KIP UI Amelita Lusia dalam keterangan yang diterima, Senin (14/9/2020).

Hal tersebut, menurut Amelita, lantaran beredarnya beberapa versi dokumen dengan judul yang sama di kalangan masyarakat dan ketidaksesuaian format dokumen tersebut dengan format standar dokumen resmi UI.

Baca: Mendagri Minta Cakada Tandatangani Pakta Integritas Siap Didiskualifikasi

Baca: Kepala Sekolah Lebih Takut Stiker Nek Aku Korupsi Ora Slamet Ala Ganjar Dibanding Pakta Integritas

Baca: Institut Teknologi Sumatera Benarkan Ada Dosen dan Mahasiswa Baru Terpapar Covid-19

"Setiap dokumen UI harus dikeluarkan melalui mekanisme dan/atau Sistem Informasi yang resmi guna menjamin keontetikannya," lanjut Amelia.

Pihak UI menyayangkan penyebaran dokumen yang menyangkut kepentingan mahasiswa tersebut, yang pada akhirnya menimbulkan kegaduhan di kalangan mahasiswa dan masysrakat.

"Kami memohon maaf atas kerisauan dan ketidaknyamanan yang timbul, baik di kalangan Sivitas Akademika UI maupun masyarakat," pungkas Amelia.

Sebelumnya, dilansir Kompas.com, calon mahasiswa baru Universitas Indonesia (UI) diharuskan menandatangani lembar pakta integritas di atas meterai mulai tahun ini.

Dalam lembar pakta integritas yang diterbitkan pihak rektorat tersebut, pelanggaran terhadap ketentuan berakibat sanksi maksimum pemberhentian sebagai mahasiswa UI.

Ancaman sanksi setinggi itu dianggap tak masuk akal. Pertama, pakta integritas ini datang satu arah, lalu mendadak disodorkan kepada mahasiswa baru.

Halaman
12
Penulis: Reza Deni
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved