Breaking News:

Berharap Indonesia Masuk Daftar Negara yang Diizinkan Umrah, Ini Saran Ketua MPR pada Pemerintah 

Dalam waktu dekat, Arab Saudi juga akan mengumumkan daftar negara yang diizinkan menginjak Tanah Suci.

Tangkap layar channel YouTube Kluyuran Crew
Arab Saudi Rilis Daftar Negara yang Diizinkan Berumrah 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Arab Saudi secara bertahap akan membuka kembali penyelenggaraan ibadah umrah.

Dalam waktu dekat, Arab Saudi juga akan mengumumkan daftar negara yang diizinkan menginjak Tanah Suci. 

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo alias Bamsoet menyambut baik hal tersebut.

Dia berharap Indonesia dapat masuk dalam daftar negara yang diizinkan memberangkatkan jamaah umrah.

"Karena itu saya mendorong pemerintah melalui perwakilan Pemerintah RI di Arab Saudi terus membangun komunikasi dan koordinasi dengan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi," ujar Bamsoet, dalam keterangannya, Jumat (25/9/2020). 

Baca: Siap-siap, Arab Saudi Buka Kembali Umrah di Tengah Pandemi Covid-19, Ini Persiapan Pemerintah

"Agar Indonesia masuk ke dalam daftar negara yang dibolehkan memberangkatkan jamaah umrah. Mengingat tingginya animo masyarakat Indonesia untuk menunaikan ibadah umrah," imbuhnya. 

Selain itu, Bamsoet mengimbau Kementerian Agama untuk menyiapkan regulasi berkaitan dengan penyelenggaraan umrah pada masa pandemi. 

Menurutnya regulasi itu harus dititikberatkan pada aspek kesehatan dan keselamatan jamaah.

Sehingga dapat dijadikan acuan bagi penyelenggara umrah maupun para jamaah dalam beribadah umrah di masa pandemi. 

"Mengingat masih banyaknya calon jemaah umroh yang tertunda keberangkatannya karena kebijakan Arab Saudi, regulasi dibutuhkan untuk mengatasi hal tersebut disamping akhir dari pandemi belum diketahui," kata dia. 

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo memimpin Rapat Konsultasi Pimpinan MPR bersama Menkopolhukam Mahfud MD, Mendagri Tito Karnavian, perwakilan Panglima TNI, perwakilan Kapolri serta Forum Komunikasi dan Aspirasi MPR RI untuk Papua (For Papua) di Ruang Rapat Pimpinan MPR, Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (11/9/2020).
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo memimpin Rapat Konsultasi Pimpinan MPR bersama Menkopolhukam Mahfud MD, Mendagri Tito Karnavian, perwakilan Panglima TNI, perwakilan Kapolri serta Forum Komunikasi dan Aspirasi MPR RI untuk Papua (For Papua) di Ruang Rapat Pimpinan MPR, Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (11/9/2020). (Humas MPR RI)

Politikus Golkar tersebut juga menilai dalam penyusunan regulasi ibadah umrah pada masa pandemi, sebaiknya pemerintah terlebih dahulu memperhatikan kebijakan yang ditetapkan Arab Saudi

"Harus memperhatikan kebijakan yang ditetapkan Arab Saudi dalam penyelenggaraan umrah pada masa pandemi, sebab layanan umrah lebih banyak diberikan saat jamaah berada di Saudi," jelasnya. 

"Juga mengimbau jamaah Indonesia tetap bersabar menunggu kebijakan dari Arab Saudi dan pemerintah, sembari tetap selalu menjaga kesehatan diri," pungkas Bamsoet. 

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved