Breaking News:

Virus Corona

4.100 Kamar Hotel Tersedia di Jakarta untuk Isolasi OTG

Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan tersedia 4.100 kamar hotel di DKI Jakarta untuk isolasi.

TRIBUNNEWS/HERUDIN
Petugas Hotel Ibis Styles Mangga Dua Jakarta memakai alat pelindung diri (APD) menyemprotkan disinfektan ke petugas medis yang mengantarkan pasien Covid-19 berstatus orang tanpa gejala (OTG) yang akan melakukan isolasi mandiri, Rabu (30/9/2020). Dalam menjalankan tugasnya, petugas hotel selalu memakai APD lengkap dan melayani kebutuhan pasien OTG termasuk menerima dan mengantarkan barang kiriman ke kamar pasien. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Selain menyediakan flat di tower empat dan lima Wisma Atlet Jakarta, pemerintah juga menyiapkan hotel untuk isolasi pasien yang tidak menunjukkan gejala dan gejala ringan Covid-19.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan tersedia 4.100 kamar hotel di DKI Jakarta untuk isolasi.

"Sampai dengan sekarang sudah ada total 4.100 kamar tersedia di DKI jakarta dari hotel-hotel berbintang dua dan tiga," kata Wiku dalam konferensi pers virtual di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, (1/10/2020).

Baca: Selama Isolasi Mandiri, Joy Tobing Rajin Minum Ramuan Herbal dan Makan Bawang Putih Mentah

Tidak hanya di DKI menurut Wiku, hotel juga disiapkan di sejumlah daerah yang tingkat penyebaran Covid-19 nya tinggi. Namun Wiku tidak menjabarkan jumlah kamar tidur hotel yang tersedia di daerah.

"Begitu juga dengan provinsi-provinsi prioritas lainnya sudah ada ribuan tempat tidur yang disediakan untuk pasien-pasien yang memiliki atau dikategorikan sebagai OTG," katanya.

Baca: Penuh Diisi Pasien Covid-19 yang Isolasi Mandiri, Dua Hotel Ini Tak Terima Tamu

Sebelumnya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio meminta industri perhotelan yang mendukung program isolasi mandiri pasien konfirmasi tanpa gejala agar mengikuti asesmen Kementerian Kesehatan.

Menurutnya, asesmen Kemenkes itu telah memasuki tahap finalisasi.

"Industri hotel harus dapat mengikuti asesmen yang disyaratkan Kementerian Kesehatan. Kesiapan hotel harus dapat dipastikan Kementerian Kesehatan agar jangan sampai justru terjadi klaster baru," kata Wishnutama di Jakarta, Senin (21/9/2020).

Ia mengatakan hingga saat ini sudah ada 30 hotel di DKI Jakarta yang siap untuk bekerja sama. Kemenparekraf bersama Kemenkes juga sedang menyusun Standard Operating Procedure (Flowchart) mengenai mekanisme pelaksanaan.

Halaman
12
Penulis: Taufik Ismail
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved