Breaking News:

Penanganan Covid

Doni Monardo: Pilkada 2020 Momen Cari Pemimpin yang Piawai Tangani Pandemi Covid-19

Menurut Doni, momentum Pilkada 2020 ini dapat membuat masyarakat mengetahui rekam jejak calon terkait penanganan Covid-19.

Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
Doni Monardo - Ketua Satgas Penanganan Covid-19 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo menilai Pilkada 2020 merupakan momen bagi masyarakat untuk mencari pemimpin yang mampu menangani pandemi Covid-19 di daerahnya.

Menurut Doni, momentum Pilkada 2020 ini dapat membuat masyarakat mengetahui rekam jejak calon terkait penanganan Covid-19.

"Momentum pilkada ini bisa memberikan pemahamanan kepada masyarakat tentang kiprah dari calon-calon yang akan dipilih oleh masyarakat," ujar Doni dalam webinar yang digelar PWI, Kamis (1/10/2020).

Baca: Suka Duka Pengubur Jenazah Covid-19, Sedih Lihat Keluarga Pasien hingga Curhat Sulitnya Pakai APD

Doni mengatakan masyarakat dapat melihat kualitas calon kepala daerah dari program penanganan Covid-19 yang ditawarkannya.

"Mana calon memiliki strategi, mana calon yang memiliki kualifikasi siap sangat mumpuni dalam masa pandemi ini untuk menciptakan masyarakat keluar dari kesulitan," tutur Doni.

Menurut Doni, kasus penularan Covid-19 terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia. Bahkan daerah yang tidak mengadakan Pilkada pada tahun ini juga termasuk dalam wilayah penyebaran Covid-19.

"Masalah ini hampir terjadi di semua daerah. Yang kita akui bukan hanya daerah-daerah kabupaten kota yang menyelenggarakan Pilkada. Ada sejumlah daerah yang tidak mengikuti Pilkada jumlahnya meningkat," kata Doni.

Baca: Doni Monardo Minta Proses Pilkada 2020 Berjalan Sesuai Protokol Kesehatan

Seperti diketahui, pemerintah, DPR dan penyelenggara pemilu sepakat akan melaksanakan Pilkada 2020 pada 9 Desember mendatang.

Pada 4 hingga 6 September lalu, KPU menyelenggarakan pendaftaran peserta Pilkada. Pada Rabu, (23/9/2020), KPU menggelar penetapan pasangan calon kepala daerah.

Hari pemungutan suara Pilkada 2020 rencananya dilaksanakan secara serentak pada 9 Desember.

Adapun Pilkada 2020 digelar di 270 wilayah, meliputi sembilan provinsi, 224 kabupaten dan 37 kota.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved