Breaking News:

Virus Corona

Pentingnya Protokol Kesehatan CHSE Era New Normal di Destinasi Pariwisata

Protokol ini disebut CHSE yang merupakan singkatan dari cleanliness (kebersihan), health (kesehatan), Safety (Keamanan), dan enviroment

istimewa
Bali Democracy Forum yang diselenggarakan secara virtual, Kamis (5/11/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Pemerintah berupaya mempersiapkan protokol baru yang menjamin kesehatan dan keselamatan wisatawan untuk diterapkan di berbagai lokasi destinasi wisata.

Direktur hubungan antarlembaga Kementerian Pariwisata Indonesia, K. Candra Negara menyadari perlunya sebuah inovasi untuk meningkatkan daya saing pariwisata Indonesia.

"Kami bekerja sama dengan world travel and tourism council yang ada di London untuk menyusun protokol kesehatan baru," kata Candra dalam webinar Bali Democracy Forum, Kamis (5/11/2020).

Baca juga: 3M Disebut Jadi Vaksin Paling Aman Tangkal Covid-19

Protokol ini disebut CHSE yang merupakan singkatan dari cleanliness (kebersihan), health (kesehatan), Safety (Keamanan), dan enviroment sustainability (ramah lingkungan).

Kementerian Pariwisata saat ini terus berupaya mensosialisasikan protokol CHSE melalui gerakan BISA yakni bersih, indah, sehat dan nyaman.

"Ini kami sosialisasikan dan kami terapkan diberbagai destinasi pariwisata di Indonesia," ujarnya

Baca juga: Cara Sadis Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un Perlakukan Warganya yang Positif Covid-19

Ketersediaan atau penyelenggaraan sarana kesehatan saat ini penting untuk membuat turis domestik maupun turis mancanegara percaya bahwa di lokasi yang ia tuju sehat dan aman.

"Dulu kalau kita melihat restoran yang ramai kita akan tertarik, karena merasa makanannya enak. Sekarang tidak. Saya yakin pelanggan akan melihat protokol kesehatan di restoran yang ingin dituju sekarang ini," ujarnya.

Menurutnya, perubahan ini merupakan perubahan paling dasar bagi para wisatawan di era new normal.

Halaman
12
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved