Breaking News:

Tokoh Papua dan Pengamat Sebut Otsus Jalan Terbaik

Otsus merupakan win-win solution sekaligus jalan menuju perubahan untuk Papua lebih baik.

Dok. PP Construction and Investment
Jembatan penghubung Holtekamp dan Hamadi diatas teluk Youtefa, Papua 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penerapan Otonomi Khusus (Otsus) oleh pemerintah Indonesia di tanah Papua dinilai merupakan jalan terbaik untuk membangun Papua baik fisik maupun sumber daya manusianya.

Otsus merupakan win-win solution sekaligus jalan menuju perubahan untuk Papua lebih baik.

Hal ini disampaikan oleh Sekjen Dewan Papua Thaha Alhamid, Pakar Politik Lulusan Walden University Amerika Serikat Boni Hargens dan Direktur Eksekutif Indonesian Publik Institute (IPI) Karyono Wibowo.

Thaha Al Hamid menegaskan bahwa Otsus tidak perlu ditolak karena keberadaan Otsus telah dan akan membawa kesejahteraan bagi masyarakat Papua. Apalagi, Otsus mengerjakan empat hal yang meliputi, pengembangan pendidikan, kesehatan, ekonomi rakyat, dan infrastruktur.

Baca juga: Soal Pembangunan Papua, Wapres Ingin Setiap Kementerian dan Lembaga Bersinergi

”Otsus ini harus kita terima karena ini adalah jalan untuk sebuah perubahan ke depan, terutama untuk generasi muda. Ini adalah solusi politik bagi masyarakat Papua," ujar Thaha dalam keterangannya, Jumat (6/11/2020).

Menurut Thaha, Otsus tidak bermasalah sama sekali. Yang bermasalah adalah pelaksanaan dan pengelolaan Otsus. Karena itu, kata dia, yang perlu dilakukan ke depannya adalah memperbaiki pengelolaan Otsus agar lebih mensejahterakan rakyat Papua lagi.

"Atas dasar itu, yang perlu kita perbaiki adalah bagaimana memperbaiki pengelolaan dan pelaksanaannya agar masyarakat Papua lebih sejahtera. Biarkan Otsus yang sekarang ini jalan terus. Kita benahi pelaksanaan Otsus ke depan.

Baca juga: Dana Desa Digunakan KKB Papua Untuk Beli Senjata Api, Bupati Intan Jaya Ungkap Modusnya

Saya juga mengajak semua komunitas, seperti agama, gereja, mahasiswa, dan organisasi-organisasi masyarakat yang ada di Papua untuk memperkuat pengelolaan Otsus dengan benar dan tepat demi masa depan Papua dan Papua Barat," tandas dia.

Senada dengan pendapat Thaha, Pakar Politik Lulusan Walden University Amerika Serikat Boni Hargens juga menilai keberadaan Otsus harus tetap didukung. Menurut Boni, Otsus merupakan jalan terbaik untuk membawa kesejahteraan rakyat Papua.

"Saya setuju dengan pandangan Pak Thaha. Otsus ini sangat sentral untuk kepentingan pembangunan masyarakat Papua. Ini bukti komitmen pemerintah yang konsisten dan tulus dalam memerdekakan rakyat Papua dari kemiskinan dan keterbelakangan," tutur Boni.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved