Breaking News:

Kartu PraKerja

Survei BPS: Mayoritas Penerima Kartu Prakerja Laki-laki Berusia Muda yang Tinggal di Perkotaan

Survei BPS menunjukkan mayoritas penerima manfaat dari Kartu Prakerja merupakan laki-laki berusia muda yang tinggal di perkotaan.

Tangkap layar prakerja.go.id
Daftar Kartu Pra Kerja Gelombang 4 di www.prakerja.go.id, Segera Dibuka, Ini 3 Syarat Utamanya. Berikut ulasan tentang Survei BPS yang menunjukkan mayoritas penerima manfaat dari Kartu Prakerja merupakan laki-laki berusia muda yang tinggal di perkotaan. 

TRIBUNNEWS.COM - Menurut Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) bulan Agustus 2020 dari Badan Pusat Statistik (BPS), mayoritas penerima menganggap Program Kartu Prakerja berhasil meningkatkan keterampilan kerja mereka.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala BPS Suhariyanto dalam diskusi dengan topik "Survei BPS: Bicara tentang Kartu Prakerja" di Jakarta, Senin (23/11/2020).

"Sebanyak 88,92 persen dari mereka yang ikut pelatihan Program Kartu PraKerja ini menyatakan, program ini dapat meningkatkan keterampilan kerja."

"Jadi penting sekali bahwa mereka merasa, dari sudut pandang mereka, bahwa program ini ternyata bisa meningkatkan keterampilan mereka," kata Suhariyanto.

Pria yang akrab dipanggil Kecuk itu juga menjelaskan sejumlah temuan menarik dalam Sakernas 2020 terkait Program Kartu Prakerja.

Distribusi Penerima Kartu Prakerja menurut Karakteristik, Sakernas Agustus 2020 dalam diskusi dengan topik
Distribusi Penerima Kartu Prakerja menurut Karakteristik, Sakernas Agustus 2020 dalam diskusi dengan topik "Survei BPS: Bicara tentang Kartu Prakerja" di Jakarta, Senin (23/11/2020). (Tangkap layar diskusi dengan topik "Survei BPS: Bicara tentang Kartu Prakerja")

Baca juga: Kartu Prakerja Gelombang 11 Telah Ditutup, Apakah Pendaftaran Gelombang 12 Dibuka? Ini Jawabannya

Pertama, penerima Kartu Prakerja adalah mayoritas laki-laki (58 persen), tinggal di perkotaan (76 persen), usia muda, pendidikan SMA ke atas (91 persen).

Sebanyak 45 persen penganggur pada Agustus, atau lima bulan sejak program diluncurkan, menyatakan tahu tentang Program Kartu Prakerja.

Alasan utama peserta program Kartu Prakerja tetap untuk meningkatkan keterampilan kerja (skill).

Kemudian disusul alasan mencari insentif, masing-masing sebanyak 48 persen dan 27 persen dari penduduk usia 18 tahun ke atas.

Selain itu, insentif Kartu Prakerja umumnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari (81 persen), ditabung (33 persen), dan modal usaha (23 persen).

Kepala BPS, Suhariyanto
Kepala BPS, Suhariyanto (dok BPS)

Baca juga: Sandiaga Uno Ngajar di Kartu Prakerja, Perluas Lapangan Kerja

Halaman
123
Penulis: Inza Maliana
Editor: Gigih
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved