Breaking News:

Kotak Amal Dijadikan Pendanaan Teroris, DPR Imbau Masyarakat Teliti Sebelum Bersedekah

Ace Hasan Syadzily minta masyarakat teliti pihak yang minta bantuan melalui kotak amal, terlebih yang tidak jelas identitas dan lembaganya.

Chaerul Umam
Ace Hasan Syadzily 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily sangat prhatin dan mengutuk keras penyalagunaan dana kotak amal yang dilatakkan di minimarket untuk kepentingan kegiatan terorisme. 

"Saya mengimbau kepada masyarakat untuk meneliti dan mengkaji secara seksama jika ada pihak-pihak meminta bantuan melalui kotak amal yang tidak jelas identitas dan tidak memiliki legalitas lembaganya," papar Ace saat dihubungi, Jakarta, Selasa (1/12/2020).

Menurutnya, masyarakat yang ingin bersedekah maupun menyalurkan infaknya, agar diserahkan kepada lembaga-lembaga yang sudah terpercaya. 

"Lebih baik diserahkan kepada lembaga-lembaga zakat yang telah terdaftar di Baznas," ucap politikus Golkar itu. 

Baca juga: Polri Ungkap Sumber Pendanaan Organisasi Teroris JI, Diantaranya dari Kotak Amal

Ace pun meminta pihak kepolisian harus bersikap tegas kepada siapapun yang melakukan tindakan terorisme di dalam negeri. 

"Tindakan itu tidak dibenarkan sama sekali dan melanggar nilai-nilai agama dan kemanusiaan," papar Ace. 

Sebelumnya, Kepolisian RI mengungkapkan asal-usul dana yang digunakan dalam operasi jaringan teroris Jamaah Islamiah (JI). 

Total, ada dua pemasukan dana yang biasa digunakan organisasi terlarang tersebut.

Baca juga: FAKTA Suami Paksa Istri dan Anaknya Mencuri Kotak Amal Masjid, Diancam hingga Sudah 26 Kali Beraksi

Karo Penmas Humas Polri Brigjen Awi Setyono mengatakan pemasukan dana pertama yaitu berasal dari Badan Usaha Milik Perorangan para anggota JI.

"Polri juga menemukan bahwa JI mempunyai dukungan dana yang besar dimana dana ini bersumber dari badan usaha milik perorangan atau milik anggota JI," kata Brigjen Awi di Bareskrim Polri, Jakarta, Senin (30/11/2020).

Halaman
12
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Theresia Felisiani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved