KBRI Wellington Perkenalkan 17 Sampel Biji Kopi Unggulan Indonesia di Selandia Baru

KBRI Wellington memperkenalkan 17 sampel biji kopi unggulan Indonesia bagi pecinta kopi di Selandia Baru.

Editor: Adi Suhendi
KBRI Wellington
Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru Tantowi Yahya 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM , JAKARTA - KBRI Wellington memperkenalkan 17 sampel biji kopi unggulan Indonesia bagi pecinta kopi di Selandia Baru.

Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru Tantowi Yahya mengatakan kebiasaan minum kopi di antara Kiwi, sebutan penduduk Selandia Baru, telah dikenal di seluruh dunia.

Namun, siapa sangka kopi Indonesia ternyata merupakan kopi favorit para Kiwi saat ini.

Hal ini terungkap dalam acara “Coffee Tasting” yang mempertemukan para Kiwi pecinta kopi ragam dengan aneka ragam kopi Indonesia.

Baca juga: Download MP3 Lagu Zona Nyaman - Fourtwnty, OST Filosofi Kopi 2, Dilengkapi Chord Gitar dan Liriknya

"Terdapat 17 (tujuh belas) sampel biji kopi yang tersajikan dari seluruh nusantara antara lain dari Aceh, Sumatera Utara, Bali, Sulawesi, Jawa Barat, dan Sumbawa," kata Dubes Tantowi dalam keterangannya.

KBRI Wellington berkolaborasi dengan Ripe Coffee salah satu perusahan coffee roaster di Selandia Baru untuk mengadakan “Indonesian coffee tasting”, Rabu (9/12/2020).

Dubes Tantowi mengundang tidak hanya penikmat kopi namun juga para pemilik bisnis kafe di Wellington.

Baca juga: Jabatan Mentereng dan Hunian Megah di Selandia Baru, Tantowi Yahya Ternyata Pernah Jadi Resepsionis

Ripe Coffee seringkali bekerjasama untuk mengimpor kopi Indonesia ke Selandia Baru dan menjualnya dalam bentuk single origin seperti kopi dari Sulawesi Selatan, Sumatra Gayo, dan Dataran Tinggi Kerinci Provinsi Jambi yang disajikan pada acara tersebut.

Pemilik sekaligus Direktur Ripe Coffee, Jason Hall, menyatakan bahwa kopi Indonesia memiliki kualitas yang bagus dan digemari oleh penikmat kopi di Selandia Baru.

Menurutnya acara ini sangat bagus sekali untuk memberikan mereka kesempatan lebih banyak lagi dalam mengeksplor beragam kopi.

Baca juga: Tantowi Yahya Ceritakan Suasana Selandia Baru Seminggu Setelah Akhiri Pembatasan Sosial

"Sebagian besar Kiwi adalah pecinta kopi yang mengonsumsi sekitar 2,5 cangkir kopi setiap harinya," kata Jason.

Beberapa dari mereka secara khusus hanya mengonsumsi kopi dengan kualitas kelas atas seperti biji arabika dimana Indonesia banyak memproduksi biji kopi arabika berkualitas tinggi di seluruh nusantara.

Kopi Indonesia terkenal dengan fitur lembutnya, keasaman rendah, dan rasa eksotis “aftertaste” yang intens serta kekayaan rasa natural.

Disamping itu, kopi dapat menjadi potensi ekspor yang menjanjikan apalagi dengan kualitas kopi Indonesia yang terkenal di Selandia Baru.

Meningkatnya ekspor kopi Indonesia ke Selandia Baru merupakan salah satu misi utama yang dikejar oleh KBRI Wellington.

Dubes Tantowi berharap kopi dapat berkontribusi besar dalam merealisasikan target perdagangan RP 40 triliun pada tahun 2024 mendatang.

“Harapan saya dengan mencicipi kopi ini, kalian semua bisa lebih memahami tentang kualitas dan ragam kopi Indonesia, sehingga kedepannya nanti kopi Indonesia bisa lebih berperan dalam Budaya Kopi Selandia Baru,” kata Duta Besar Tantowi Yahya saat memberikan pidato pembukaan Indonesian Coffee Tasting.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved