Breaking News:

BMKG: 11 Gempa yang Merusak Terjadi di Indonesia Sepanjang 2020

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat sepanjang tahun 2020 terdapat 11 kali gempa merusak di Indonesia.

TRIBUNNEWS/HO/BNPB
Sejumlah rumah di Sukabumi runtuh akibat gempa, Selasa (10/3/2020). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat sepanjang tahun 2020 terdapat 11 kali gempa merusak di Indonesia. 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat sepanjang tahun 2020 terdapat 11 kali gempa merusak di Indonesia.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Dr Daryono menyebut wilayah Indonesia merupakan daerah rawan gempa.

"Secara geologi dan tektonik, kita memiliki banyak sekali sumber gempa yang terdiri dari 13 segmentasi zona megathrust dan lebih dari 295 sesar aktif," ungkap Daryono kepada Tribunnews.com, Senin (28/12/2020).

Daryono menyebut sumber gempa ini kapan saja dapat memicu gempa, baik yang berpusat di darat maupun di laut.

"Keberadaan sumber gempa sesar aktif yang jalurnya dekat dengan permukiman tentu menjadi ancaman karena akan meningkatkan bahaya dan risiko bencana gempa bumi," jelas Daryono.

Baca juga: Gempa Magnitudo 5,0 Guncang Wula Waijelu NTT Pagi Ini

Kerusakan saat terjadi gempa disebut dapat dipicu karena kondisi tanah lunak dan struktur bangunan yang lemah serta tidak memenuhi standar tahan gempa.

"Untuk menimbulkan kerusakan, magnitudo gempa tidak harus besar. Gempa dengan magnitudo sekitar 5,0 atau bahkan di bawah magnitudo 5,0 dalam berbagai kasus ternyata sudah dapat menimbulkan kerusakan jika kedalaman sumber gempanya dangkal," jelas Daryono.

Berikut 11 gempa merusak yang dikompilasi BMKG selama tahun 2020 :

1. Gempa Simeulue, Provinsi Aceh, 7 Januari 2020 (M 6,1) merusak beberapa rumah di Simeulue.

2. Gempa Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, 8 Februari 2020 (M 5,4) merusak beberapa rumah di Kobisonta, Seram Utara.

Halaman
123
Penulis: Wahyu Gilang Putranto
Editor: Tiara Shelavie
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved