Breaking News:

Berhentikan Ketua KPU Arief Budiman, Ini Imbauan Legislator Gerindra untuk DKPP

Putusan itu dibacakan dalam sidang DKPP yang digelar pada Rabu (13/1/2021) dan disiarkan secara daring.

TRIBUNNEWS.COM/IST/HO
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengatakan, pantauan lapangan menunjukkan tingginya tingkat kesadaran (awareness) masyarakat soal pencoblosan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 9 Desember 2020 meningkat. Pihaknya pun berharap kerja sama dari berbagai pihak untuk menegakkan aturan protokol kesehatan diperkuat. TRIBUNNEWS.COM/IST 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) telah memutuskan untuk memberhentikan Ketua KPU RI Arief Budiman dari jabatannya. 

Arief Budiman diberhentikan karena diduga melanggar etik terkait dengan kasus pemberhentian Komisioner KPU Evi Novida Ginting Manik.

Terkait hal itu, anggota Komisi II DPR RI Fraksi Gerindra Sodik Mudjahid mengatakan DKPP memang memiliki kewenangan untuk memberhentikan Arief Budiman. 

"DKPP memang mempunyai kewenangan untuk memberhentikan pimpinan dan angggota KPU yang melalukan pelanggaran kode etik," ujar Sodik, ketika dihubungi Tribunnews.com, Rabu (13/1/2021). 

Baca juga: BREAKING NEWS: Ketua KPU RI Arief Budiman Diberhentikan

Hanya saja, Sodik mengimbau agar keputusan yang diambil DKPP tersebut sudah melalui kajian yang mendalam. 

Terutama terkait tindakan Arief Budiman apakah melanggar kode etik yang disusun oleh DKPP

"Kami berharap DKPP sudah mengkaji dan membandingkan secara mendalam dan komprehensif tindakan yang dilakulan Arif Budiman dengan ukuran-ukuran kode etik yang sudah ditetapkan DKPP," jelas Sodik. 

Sebelumnya diberitakan, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu ( DKPP) memutuskan untuk memberhentikan Arief Budiman dari jabatannya sebagai Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) atas kasus pemberhentian Komisioner KPU Evi Novida Ginting Manik.

Putusan itu dibacakan dalam sidang DKPP yang digelar pada Rabu (13/1/2021) dan disiarkan secara daring.

"Menjatuhkan sanksi peringatan keras terakhir, dan pemberhentian dari jabatan Ketua KPU kepada teradu Arief Budiman selaku Ketua KPU sejak putusan ini dibacakan," kata Ketua DKPP Muhammad.

Halaman
12
Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved