Breaking News:

Presiden Baru Amerika

Menlu Retno Ungkap Harapan RI pada AS Usai Biden – Harris Resmi Dilantik

Retno meyakini Indonesia dapat menjalin kerjasama yang lebih kokoh dengan administrasi baru AS dibawah kepemimpinan Biden – Harris.

Michael M. Santiago / Getty Images / AFP Michael M. Santiago / GETTY IMAGES AMERIKA UTARA / Getty Images via AFP
Presiden terpilih Joe Biden berbicara pada peringatan untuk para korban pandemi virus korona (COVID-19) di Lincoln Memorial pada malam pelantikan presiden pada 19 Januari 2021 di Washington, DC. Ada hampir 400.000 kematian di AS sejak kasus virus pertama yang dikonfirmasi di Seattle pada Januari 2020. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengungkapkan harapan Indonesia (RI) kepada Amerika Serikat (AS) setelah Presiden terpilih Joe Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris resmi dilantik.

Retno mengatakan kedua negara memiliki sejumlah kesamaan, baik urusan demokrasi, kemajemukan, toleransi dan hal lainnya dengan AS.

“Amerika Serikat merupakan satu di antara mitra strategis dan mitra terpenting Indonesia,” kata Menlu dalam sesi wawancara dengan televisi swasta Tv One pada Rabu (20/1/2021)

Baca juga: Jokowi Sampaikan Selamat Atas Pelantikan Joe Biden dan Kamala Harris Sebagai Presiden dan Wapres AS

Retno meyakini bahwa Indonesia dapat menjalin kerja sama yang lebih kokoh dengan administrasi baru AS dibawah kepemimpinan Biden – Harris.

Berkaca pada situasi dalam setahun belakangan, Retno mengatakan dunia saat ini tengah dihadapi tantangan global khususnya dalam penanganan pandemi dan percepatan pemulihan ekonomi.

Menlu berujar bahwa dunia sangat memerlukan semangat kolaborasi dan kepemimpinan global yang kuat, serta memerlukan multilateralisme yang adil.

Sehingga, peran AS sebagai penggalang solidaritas global sangat diharapkan kiprahnya di dunia.

“Komitmen Amerika Serikat untuk menggalang solidaritas sangat ditunggu dan sangat diperlukan oleh dunia,” kata Menlu.

Joe Biden bertemu dengan Kamala Harris yang baru saja dilantik sebagai Wakil Presiden setelah dia mengambil sumpah jabatan di Front Barat Capitol AS pada 20 Januari 2021 di Washington, DC. Biden dilantik hari ini sebagai presiden ke-46 Amerika Serikat.
Joe Biden bertemu dengan Kamala Harris yang baru saja dilantik sebagai Wakil Presiden setelah dia mengambil sumpah jabatan di Front Barat Capitol AS pada 20 Januari 2021 di Washington, DC. Biden dilantik hari ini sebagai presiden ke-46 Amerika Serikat. (Drew Angerer / Getty Images / AFP Drew Angerer / GETTY IMAGES AMERIKA UTARA / Getty Images via AFP)

Indonesia juga berharap administrasi baru AS dapat berkontribusi menjaga perdamaian dan stabilitas dunia dengan menghormati hukum internasional, termasuk terkait penyelesaian konflik Palestina –Israel.

Indonesia juga mendorong proses perdamaian yang lestari dan inklusif di Afghanistan.

Halaman
12
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Theresia Felisiani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved