Breaking News:

Kampus UIII Depok Bersiap Terima Mahasiswa Baru Tahun Ini

Pemerintah menargetkan pembangunan konstruksi utama kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII), rampung pada Juni atau Agustus tahun 2021

Ist
Pembangunan konstruksi utama kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII), Depok, Jawa Barat. / Istimewa 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah menargetkan pembangunan konstruksi utama kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII), rampung pada Juni atau Agustus tahun 2021. 

Percepatan pembangunan kampus yang berlokasi di Cimanggis, Depok ini menjadi salah satu prioritas karena telah ditetapkan sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN).

"Sehingga kegiatan perkuliahan UIII juga bisa mulai tahun ini," kata Tenaga Ahli Utama Kedeputian I Kantor Staf Presiden (KSP) Helson Siagian di Jakarta, Sabtu (23/1/2021).

Dalam kunjungan kerja ke proyek pembangunan kampus UIII di Depok pada Jumat (22/1/2021), Helson menyampaikan, percepatan pembangunan kampus UIII juga sejalan dengan pembangunan sumber daya manusia (SDM) sebagai prioritas utama dari Presiden Joko Widodo. 

Agenda prioritas bidang SDM adalah pengembangan pendidikan agama Islam yang mengedepankan semangat demokrasi, kebinekaan, moderasi beragama, dan menjadi rujukan dunia. 

Apalagi, Indonesia merupakan negara dengan jumlah umat muslim terbesar di dunia. UIII nantinya akan menjadi perguruan tinggi Islam berwawasan global sebagaimana amanat Presiden Jokowi. 

Baca juga: UIII Akan Miliki Tujuh Fakultas, Tahap Awal Dibuka Tiga

“Kampus ini akan menjadi center of excellence yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia," ujarnya.

Pembangunan kampus UIII sendiri dibagi dalam dua tahap awal. 

Tahap satu meliputi gedung rektorat, fakultas, plaza, asrama putra, dan perumahan dosen yang menjadi tanggung jawab kementerian Agama, sementara tahap dua mencakup gedung perpustakaan, masjid, dan asrama putri yang menjadi tugas Kementerian PUPR.

Helson meminta Kementerian Agama dan Kementerian PUPR segera menyiapkan rencana pembangunan tahap berikutnya, yaitu tambahan gedung fakultas, balai sidang, dan pusat olahraga serta memastikan kesiapan infrastruktur penunjang lainnya agar mahasiswa dapat belajar dengan nyaman di kampus ini.

Halaman
12
Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved