Breaking News:

Kapolri Baru

SPI Berharap Ada Paradigma Baru yang Dikembangkan Kapolri Baru

Sahabat Polisi mengingatkan agar Kepolisian makin mengedepankan community policing, yaitu proses pemolisian yang humanis

istimewa
Ketua Umum Sahabat Polisi Indonesia, Fonda Tangguh. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kapolri baru, Listyo Sigit Prabowo akan dilantik pada Rabu (27/1/2021).

Rencananya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Komjen Listyo Sigit Prabowo yang juga mendapatkan kenaikan pangkat menjadi jenderal bintang empat.

Baca juga: Jokowi Lantik Listyo Sigit Jadi Kapolri pada Rabu Pon Besok, Ini Maknanya

Berbagai harapan masyarakat mengiringi Listyo dalam menduduki posisi tertinggi di institusi Polri, satu di antaranya organisasi Sahabat Polisi Indonesia (SPI).

“Kita berharap bahwa Kepemimpinan Kapolri baru di tangan Jenderal Listyo Sigit Prabowo, ada Paradigma baru yang akan dikembangkan Polri,” terang Ketua Umum Sahabat Polisi, Fonda Tangguh dalam webinar Sahabat Polisi Indonesia di Wisma Lumbini Jakarta, Selasa (26/1/2021).

Baca juga: Proses Donor Plasma Konvalesen dari Penyintas Covid-19 Perlu Waktu Sekitar 2 Jam

“Paradigma itu berorientasi kepada pemecahan masalah-masalah masyarakat, dengan berbasis pada potensi-potensi sumber daya lokal dan kedekatan dengan masyarakat yang lebih humanis dengan meraih simpati dari masyarakat,” tambahnya.

Menurut Fonda, penegakan hukum merupakan salah satu upaya Polri demi terciptanya ketertiban dan keamanan di tengah kehidupan masyarakat.

Dua puluh tahun lebih setelah berpisah dari TNI, Kepolisian menghadapi tantangan agar penegakan hukum lebih profesional.

Baca juga: Seperti yang Pertama, Vaksinasi Covid-19 Tahap Dua Jokowi Juga Bakal Disiarkan Langsung

“Tentu masyarakat sejatinya adalah pihak yang akan menikmati profesionalisme kerja Polri. Pencapaian kepercayaan publik yang tinggi dapat diyakini merupakan suatu kepuasan segenap anggota Polri,” urainya.

Lebih dari itu Sahabat Polisi Indonesia menyambut baik dan berharap Kapolri baru mampu membawa Institusi kepolisian sesuai slogan Polri Presisi.

“Bagaimana polisi humanis bisa tercipta? Tiada cara lain selain jajaran kepolisian harus terus menerus hadir, hidup, dan merasakan denyut nadi kehidupan masyarakatnya,” jelas dia.

Halaman
12
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved