Breaking News:

Polemik Bupati Terpilih di Sabu Raijua

Fakta Bupati Sabu Raijua Terpilih Orient Riwu Kore, Kader PDIP dan Pernah Kantongi Paspor Amerika

Bupati Sabu Raijua terpilih, Orient Patriot Riwu Kore, diketahui pernah mengantongi paspor Amerika dan tercatat sebagai kader PDIP

Tangkap layar kanal YouTube KPU SABU RAIJUA
Bupati terpilih Kabupaten Sabu Raijua Orient Patriot Riwu Kore saat debat publik pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Sabu Raijua tahun 2020, Sabtu, 03 November 2020. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Nama Bupati Sabu Raijua terpilih, Orient Patriot Riwu Kore, kini menjadi sorotan.

Pria kelahiran Kota Kupang pada 7 Oktober 1964 tersebut disebut-sebut sebagai Warga Negara Amerika Serikat.

Terlebih dia sebelumnya lolos verifikasi KPU menjadi calon Bupati Sabu Raijua dan berhasil memenangkan pertarungan politik dalam Pilkada Serentak 2020 bersama pasangannya Thobias Uly dengan mengantongi 21.359 suara.

Setelah status kewarganegaraannya mencuat, kini nasibnya berada di tangan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) apakah dilantik atau ditunda pelantikannya menjadi Bupati.

Setelah rapat dengan Bawaslu dan KPU, Kemendagri akan menentukan nasib Orient Patriot Riwu Kore sebelum tanggal 17 Februari 2021.

Baca juga: Kemendagri: Kami Bukan Otoritas yang Bisa Menentukan Kewarganegaraan Orient P Riwu Kore

Terungkapnya status kewarganegaraan Orient Patriot Riwu Kore terungkap setelah Bawaslu Kabupaten Sabu Raijua menerima balasan surat elektronik dari Kedubes Amerika Serikat mengenai status kewarganegaraan Orient Patriot Riwu Kore sejak 1 Februari 2021.

Informasi itu disampaikan Ketua Bawaslu Sabu Raijua Yudi Tagihuma kepada sejumlah wartawan, Selasa (2/2/2021) malam.

Yudi menuturkan, pada Januari 2021, pihaknya menyurati Kedubes Amerika untuk mempertanyakan status kewarganegaraan Orient Patriot Riwu Kore yang terpilih sebagai bupati Sabu Raijua pada pilkada 9 Desember 2020.

Baca juga: Bupati Orient P Riwu Punya 3 Bidang Tanah di Amerika, Hartanya Rp33 Miliar

"Kami sudah menerima surat dari Kedubes Amerika di Jakarta. Kami tanya apakah dia masih warga negara Indonesia atau sudah menjadi warga negara Amerika, dan informasi dari sana benar Orient Riwu Kore warga negara Amerika Serikat,” ungkap dia.

Balasan surat dari Kedubes Amerika tersebut ditandatangani Kepala Bagian Konsuler, Eric M Alexander.

Halaman
1234
Penulis: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved