Breaking News:

Jokowi: Pelayanan Publik Adalah Wajah Kongkrit Kehadiran Negara

Jokowi sebut Negara disebut hadir bila mampu menyelenggarakan pelayanan publik yang prima dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.

WARTAKOTA/Nur Ichsan
DIMINATI PEMOHON - Petugas Mal Pelayanan Publik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang memberi pelayanan prima kepada pemohon yang mengurus perizinan dan non perizinan, Senin (29/6/2020). Selama 2 pekan mulai 15 Juni hingga 26 Juni, Mal Pelayanan Publik telah melayani sebanyak 5032 pemohon, sedangkan layanan yang paling diminati pemohon adalah pelayanan Polda Metro Jaya, dengan total 1290 pemohon, pelayanan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. (Wartakota/Nur Ichsan) 

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa pelayanan publik adalah wajah kongkrit kehadiran negara dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.

Negara disebut hadir bila mampu menyelenggarakan pelayanan publik yang prima.

"Pelayanan publik yang prima, yang cepat, yang profesional dan berkeadilan," kata Jokowi dalam peluncuran laporan tahunan Ombudsman RI 2020, secara virtual, Senin, (8/2/2021).

Baca juga: Pengamat : Kalau Bukan Perintah Jokowi, NasDem dan Golkar Tak Balik Badan Soal RUU Pemilu

Untuk mewujudkan pelayanan publik yang prima tersebut, kata presiden memerlukan ikhtiar yang berkelanjutan, memerlukan transformasi sistem, dan tata kelola. 

"Membutuhkan  perubahan mindset  budaya kerja birokrasi kita, dari budaya senang dilayani menjadi budaya melayani," katanya.

Baca juga: Bertemu Jokowi, Ombudsman RI Lapor Pantauan Standar Pelayanan Publik Bermasalah Hingga Limbah APD

Selain itu menurut Presiden sekarang ini diperlukan model pelayanan publik yang inovatif dan berorientasi pada hasil.

Bukan pelayanan publik atau birokrasi yang kaku dan hanya bersifat administratif.

"Kita juga punya kerja besar untuk mengubah model pelayanan birokrasi, yang selama ini kaku terjebak pada hal yang bersifat prosedural, bersifat administratif dan menjadi pelayanan publik yang menekankan pada kecepatan inovatif berorientasi pada hasil," pungkasnya.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Theresia Felisiani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved