Breaking News:

KPK Telusuri Jatah Proyek Bansos Covid-19 PT Rajawali Parama Indonesia

Diduga PT RPI dibuat untuk menampung proyek bansos Covid-19 karena baru disahkan pada Agustus 2020 atau saat program bansos digaungkan oleh pemerintah

ist
Komisaris PT Rajawali Parama Indonesia (RPI) Daning Saraswati usai diperiksa penyidik KPK sebagai saksi kasus dugaan suap pengadaan bansos Covid-19 di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Senin (1/3/2021) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menelusuri penunjukan PT Rajawali Parama Indonesia (RPI) untuk kebagian jatah proyek bantuan sosial (bansos) Covid-19 untuk wilayah Jabodetabek.

Penelusuran dilakukan dengan memeriksa Komisaris PT RPI,  Daning Saraswati pada Senin (1/3/2021) ini untuk melengkapi berkas perkara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Matheus Joko Santoso.

Daning diperiksa sebagai saksi dalam penyidikan kasus dugaan suap pengadaan bansos Covid-19 untuk wilayah Jabodetabek tahun 2020 di Kementerian Sosial (Kemensos).

"Daning Saraswati, melalui keterangan saksi tersebut, tim penyidik KPK menelusuri terkait penunjukan PT RPI yang ikut serta mendapatkan proyek vansos tahun 2020 untuk wilayah Jabodetabek di Kemensos RI," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri lewat keterangannya, Senin (1/3/2021).

Baca juga: Cek Data Penerima Bansos Tunai Rp 300 Ribu, Login dtks.kemensos.go.id, Ini Cara Mencairkan BST

Berdasarkan informasi dari beberapa sumber, perusahaan yang dipimpin oleh Daning adalah milik Matheus Joko Santoso yang merupakan PPK di Kemensos.

Diduga PT RPI sengaja dibuat untuk menampung proyek bansos Covid-19. 

Sebab, perusahaan tersebut baru disahkan pada Agustus 2020 atau saat program bansos digaungkan oleh pemerintah.

Tim penyidik juga masih terus mendalami dokumen yang disita berkenaan dengan kasus dugaan suap pengadaan bansos Covid-19 untuk wilayah Jabodetabek.

"Tim penyidik KPK masih terus mendalami terkait dengan penyitaan dokumen yang berhubungan dengan perkara," sebut Ali.

Halaman
12
Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved