Breaking News:

Pimpinan DPR Dukung Seruan Jokowi Cinta Produk Lokal dan Benci Produk Luar Negeri

Azis Syamsuddin mendukung rencana pemerintah yang berusaha untuk mengkampanyekan produk dalam negeri dibandingkan produk luar negeri di berbagai titik

Setpres
Presiden Jokowi mengisi SPT secara online, Rabu (3/3/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin mendukung rencana pemerintah yang berusaha untuk mengkampanyekan produk dalam negeri dibandingkan produk luar negeri di berbagai titik lokasi di wilayah indonesia.

"Tentunya seruan ini harus sinergis dengan upaya pemerintah dalam mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari sisi permodalan dan pendampingan strategi pemasaran," ujar Azis, kepada wartawan, Kamis (4/3/2021).

Azis menjelaskan bahwa UMKM mengalami dampak yang cukup berat. Menurutnya dampak kali ini tidak seperti pada krisis 1998 yang mampu membangkitkan pemulihan ekonomi. 

Oleh karenanya, kata dia, UMKM harus dimudahkan dengan mendirikan Perseroan Terbatas (PT) berbadan hukum.

"Pemerintah serta Forkompinda harus dapat sinergis untuk mempermudah memberikan izin bagi para pelaku UMKM di berbagai daerah, sehingga seruan Presiden Jokowi dapat diterapkan sampai tingkat paling bawah di daerah terpencil," kata dia.

Politikus Golkar itu juga meminta masyarakat tidak terlalu apatis terhadap produk luar negeri yang hadir di tengah masyarakat. 

Hal itu menurutnya guna mencegah terjadinya salah penafsiran di masyarakat.

"Kita singkirkan produk luar bukan berarti merusak kehadiran produk luar negeri yang ada di tengah masyarakat, tapi dengan cara membeli, mencintai serta menggunakan produk dalam negeri. Sehingga ekonomi bangkit dan harapan Presiden Jokowi dapat terwujud," pungkas Azis.

Baca juga: Jokowi Minta Kemendag Gaungkan Cinta Produk Lokal Benci Produk Luar Negeri

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Kementerian Perdagangan menggaungkan ajakan cinta produk dalam negeri.

Hal itu disampaikan presiden dalam pembukaan Rapat Kerja Kementerian Perdagangan di Istana Negara, Jakarta, Kamis, (4/3/2021).

Halaman
12
Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved