Breaking News:

Panglima TNI Berharap UNS Tidak Lupa Bangun Karakter Bangsa

Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan UNS harus terus meningkatkan kapasitas pendidikan, pengajaran dan kapasitas penelitian.

TRIBUNNEWS.COM/PUSPEN TNI
Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto S.I.P. terpilih sebagai Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Sebelas Maret (MWA UNS) Periode 2020-2023 dalam Rapat yang dibuka Ketua Senat Akademik (SA) UNS Prof. Adi Sulistiyono S.H. dan kemudian dipimpin Prof. Dr. Weidy Murtini MPD dan Muhammad Zainal Arifin tersebut secara musyawarah mufakat di Rektorat UNS, Surakata, Jawa Tengah, Senin (2/11/2020). Selain Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto S.I.P. terpilih jadi Ketua, rapat juga memilih Prof. Dr. Tri Atmojo Kusmayadi MSc, PhD dan Prof. Hasan Fauzi MBA., PhD, CA, CSRA, masing-masing sebagai Wakil Ketua dan Sekretaris. TRIBUNNEWS.COM/PUSPEN TNI 

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Sebelas Maret (UNS) Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH), UNS harus terus meningkatkan kapasitas pendidikan dan pengajaran.

Selain itu juga terus menambah kapasitas penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat.

Hal itu disampaikan Hadi dalam acara Dies Natalies UNS ke-45 yang mana Presiden Joko Widodo (Jokowi) ikut memberikan sambutan pada Jumat, (12/3/2021).

"UNS harus terus meningkatkan kapasitas pendidikan dan pengajaran, kapasitas penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat. Dalam pelaksanaannya semua itu mutlak memerlukan inovasi," kata Hadi.

Baca juga: Banyak Jenis Pekerjaan Hilang, Jokowi: Dibutuhkan Perubahan Kurikulum Perguruan Tinggi

Inovasi perlu dilakukan untuk menghadapi berbagai disrupsi dan tantangan.

Inovasi juga diperlukan untuk memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat.

Hadi juga berpesan agar UNS tidak lupa membangun karakter bangsa yang kuat.

Menurutnya Karakter merupakan modal dasar dalam membangun Sumber Daya Manusia yang unggul.

"Knowledge is power but character is more. kesemuanya itu pada gilirannya akan meningkatkan kontribusi pengabdian UNS kepada masyarakat, bangsa dan negara kita menunggu kiprah generasi-generasi penerus bangsa yang berkarakter memiliki kompetensi unggulan, mampu berinovasi serta mampu bekerjasama dengan seluruh komponen bangsa," katanya.

Baca juga: Kemendikbud: Kampus Merdeka Beri Kesempatan Mahasiswa Kuliah di Prodi Lain 

Tidak hanya itu kata Hadi, alumnus UNS dapat menjadi motor penggerak kemajuan dana memelihara Bhineka Tunggal Ika Bangsa.

Dengan seperti itu misi untuk mewujudkan UNS sebagai Universitas berkelas dunia secara bertahap akan terwujud.

"Melalui Sinergi seluruh civitas akademika UNS Saya yakin kita akan dapat menggapai cita-cita Luhur tersebut. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa Allah Subhanahu Wa Ta'ala meridhoi kerjasama, upaya dan kerja keras kita semua dalam mewujudkan kemajuan UNS serta kemajuan bangsa dan negara tercinta.  Dirgahayu ke 45 UNS," pungkasnya.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Theresia Felisiani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved