Breaking News:

Polemik Aprilia Manganang

KSAD Jenderal Andika Ungkap Asal Usul Nama Baru Serda Aprilio Perkasa Manganang

Jenderal TNI Andika Perkasa mengungkapkan asal-usul nama Serda Aprilio Perkasa Manganang atau Lanang.

Tribunnews/JEPRIMA
Serda (K) Aprilio Perkasa Manganang nama baru saat memberi hormat kepada Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa usai menjalani sidang permohonan pergantian jenis kelamin dan pergantian nama yang dilakukan secara virtual di Markas Besar TNI Angkatan Darat, Jakarta Pusat, Jumat (19/3/2021). Sidang permohonan dilakukan di Pengadilan Negeri Tondano, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, Pada sidang tersebut majelis hakim memutuskan untuk mengabulkan perubahan jenis kelamin dari perempuan menjadi laki-lakiserta perubahan nama diri dari Aprilia Santini Manganang menjadi Aprilio Perkasa Manganang. Sebelumnya status kelamin yang dimiliki Aprilia selama ini merupakan kesalahan diagnosa lantaran Aprilia sejak lahir telah mengalami kelainan Hipospadia. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa mengungkapkan asal-usul nama Serda Aprilio Perkasa Manganang atau Lanang yang merupakan nama baru dari Aprilia Santini Manganang.

Andika menjelaskan setelah bedah korektif pertama pada awal Maret lalu, pihaknya harus menindaklanjuti dengan menyerahkan surat permohonan ke Pengadilan Negeri Tondano untuk perubahan status jenis kelamin dari perempuan menjadi laki-laki dan nama barunya.

Untuk itu, Andika meminta Lanang untuk menyiapkan nama barunya dengan telebih dulu berembuk dengan kedua orang tuanya.

Baca juga: Jalani Pemeriksaan Seperti Adiknya, Kakak Kandung Aprilia Manganang Ternyata juga Idap Hipospadia

"Dia berembuk sama orang tuanya dan memutuskan dan menyerahkan kepada saya dan istri untuk memberi nama dia. Itu juga suatu tanggung jawab bagi saya," kata Andika saat konferensi pers di Mabesad, Jakarta Pusat, Jumat (19/3/2021).

Kemudian, ia coba membedah nama asli Lanang.

Aprilia, kata Andika, diambil dari bulan kelahiran Lanang yakni bulan April.

Baca juga: Aprilio Manganang Segera Jalani Operasi Kedua Hipospadia

"Pasti orang tuanya dulu memberikan nama Aprilia dulu karena lahir di bulan April. Karena dianggap perempuan pakai Lia. Sehingga Aprilia," kata Andika.

Sedangkan nama Manganang, kata Andika, adalah nama marga yang tidak boleh dihilangkan.

"Karena itu April dan Manganang harus dipertahankan. Nah sekarang Santininya saya lihat tidak ada korelasi dengan kultur. Tidak ada. Hanya melengkapi nama perempuannya," kata Andika.

Halaman
1234
Penulis: Gita Irawan
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved