Breaking News:

Tunjangan Hari Raya

Pengamat Nilai Upaya Airlangga THR Dibayar Penuh Punya Multiplier Effect

jika THR tidak dibayar penuh terhadap karyawan, hal itu berpengaruh terhadap daya beli masyarakat rendah dan produksi akan menurun.

TRIBUN JABAR/ZELPHI
ANTRIAN ATM - Sejumlah warga melakukan antrian didepan sebuah anjungan tunai mandiri di daerah Baros, Kota Cimahi, Jumat (15/05/2020). Hampir semua anjungan tunai mandiri hari Jumat ini dipenuhi warga karena bersamaan dengan cairnya Tunjangan Hari Raya (THR) bagi pegawai negeri sipil. TRIBUN JABAR/zelphi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS, JAKARTA -- Pengamat Ketenagakerjaan dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Tadjuddin Noer Effendi menilai tunjangan hari raya (THR) karyawan tahun ini harus dibayar sepenuhnya demi meningkatkan daya beli masyarakat.

Tadjuddin menanggapi upaya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meminta pengusaha tahun ini berkomitmen untuk membayar penuh THR.

Tadjuddin mengatakan dengan THR dibayar penuh akan berdampak luar biasa.

Baca juga: Menaker Berlakukan Sanksi bagi Perusahaan yang Belum Bayar THR 2020

"Sehingga daya beli masyarakat jelang lebaran meningkat. Kalau kita dalam keadaan krisis ekonomi, perbanyaklah uang berputar di level bawah. Dengan demikian akan terjadi perputaran uang," ujar Tadjuddin, Rabu (7/4).

Tadjuddin menerangkan jika THR tidak dibayar penuh terhadap karyawan maka akan membuat gelombang protes dari kalangan buruh.

Hal itu berpengaruh terhadap daya beli masyarakat rendah dan produksi akan menurun.

Baca juga: Minta THR Tak Lagi Dicicil, Anggota Komisi IX : Lemahkan Daya Beli Masyarakat

"Sekarang bisa saja perusahaan yang membayar penuh THR akan mendapatkan insentif. Bisa insentif pajak atau keringanan lainnya," tutur Tadjuddin.

"Yang saya khawatir adalah menjelang lebaran buruh tidak terima THR, mereka protes kemudian demo, produksi perusahaan juga menurun," sambungnya.

Penting, ucap Tadjuddin, terjadi perputaran ekonomi di kalangan menengah ke bawah. Ketika THR diberikan, maka akan terjadi multiplier effect, sebab terjadi perputaran uang ke pedagang-pedagang kecil.

Baca juga: Airlangga Minta Pengusaha Bayar Penuh THR, Pengamat: Sudah Sesuai Ketentuan

Halaman
12
Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved