Breaking News:

Mudik Lebaran 2021

Satgas Covid-19: Pemerintah Larang Mudik Tujuannya untuk Selamatkan Masyarakat

Pemerintah melarang mudik tujuannya untuk menyelamatkan masyarakat Indonesia dari bahaya Covid-19.

NET
Ilustrasi Mudik Lebaran 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Pemerintah melarang mudik tujuannya untuk menyelamatkan masyarakat Indonesia dari bahaya Covid-19.

Hal itu disampaikan Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Sonny Harry B Harmadi dalam Trijaya Vaksin Day: Kita Yakin Vaksin, seperti disiarkan langsung di Channel MNC Trijaya, Jumat (9/4/2021).

Pengalaman menunjukkan, dia menjelaskan setiap kali libur panjang, selalu diikuti lonjakan kasus Covid-19 setelah dua hingga tiga minggu kemudian.

“Pemerintah melarang mudik itu tujuannya untuk menyelamatkan banyak orang, menyelamatkan masyarakat. Kita sudah belajar dari pengalaman libur panjang sebelumnya,” ujar Sonny.

Dia menjelaskan terjadi lonjakan kasus yang luar biasa tinggi  sepanjang Januari hingga Februari lalu, sesaat usai libur Natal dan Tahun baru 2021.

Selain itu pemerintah dan Satgas belajar dari pengalaman libur panjang pada Oktober 2020 lalu.

“Jadi belajar dari pengalaman itu sangat penting. Kita mengambil data, terus memahami   bahwa ternyata mobilitas penduduk itu sangat berdampak terhadap peningkatan kasus,” jelasnya.

“Karena mobilitas penduduk selalu diikuti oleh penurunan kepatuhan terhadap protokol kesehatan,” ucapnya.

Kelompok Masyarakat yang Dikecualikan dalam Larangan Mudik

Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito kembali menegaskan mengenai larangan mudik  lebaran Idul Fitri 2021 pada 6 -17 Mei 2021.

Halaman
12
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved