Breaking News:

DPN Kombatan: Pembentukan Denwalsus Berpotensi Mengurangi Pos Anggaran TNI

Keputusan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto membentuk Detamesemen Pengawalan Khusus (Denwalsus) menuai kritik.

Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto ke luar dari bandara private jet di Haneda International Airport, Sabtu (27/3/2021) sore. 

Laporan wartawan tribunnews.com, Lusius Genik

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Keputusan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto membentuk Detamesemen Pengawalan Khusus (Denwalsus) menuai kritik.

Salah satunya dari Ormas Nasionalis Dewan Pimpinan Nasional Komunitas Banteng Asli Nusantara (DPN Kombatan), yang menilai pembentukan Denwalsus dapat menimbulkan preseden buruk.

"Pembentukan Denwalsus dapat menimbulkan preseden buruk bagi kementerian sipil yang lain. Selain itu pembentukan Denwalsus juga dapat memandulkan peran pasukan-pasukan elit yang dimiliki TNI," ujar Ketua DPN Kombatan, Budi Mulyawan dalam keterangannya, Senin (12/4/2021).

Budi mengatakan, pembentukan Denwalsus tentu membutuhkan anggaran yang tidak sedikit.

Baca juga: TNI AL Siagakan KRI Rumah Sakit Semarang untuk Bantu Korban Bencana Alam di NTT

Dicemaskan pembentukan satuan detasemen khusus itu justru berpotensi mengurangi pos anggaran TNI.

"Ini berpotensi mengurangi pos anggaran TNI. Kalau sampai berefek anggaran pasukan elit di TNI stagnan atau berkurang, ini identik memandulkan peran pasukan-pasukan khusus tersebut," ujar Budi.

Atas dasar itu Budi meminta agar Prabowo membatalkan niatnya membentuk Denwaslus.

"Kebijakan Menhan itu kebablasan dan harus dihentikan, karena Kemenhan membawahi TNI yang masing-masing kesatuannya sudah ada kelembagaan pasukan elit," kata Budi

Baca juga: TNI Kerahkan KRI Ahmad Yani Kirim 12 Ton Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Bencana di NTT

Budi Mulyawan berpendapat, Prabowo harusnya mengoptimalkan anggaran untuk memaksimalkan peran pasukan elit di tubuh TNI seperti Kopassus yang ada di TNI AD, Denjaka di TNI AL, serta Kopaskhas di TNI AU.

Halaman
12
Penulis: Gita Irawan
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved