Breaking News:

Kebakaran di Kilang Minyak Balongan

Ombudsman Simpulkan Pertamina Tidak Respons Keluhan Warga Sebelum Kilang Balongan Terbakar

Ombudsman RI menyimpulkan PT Pertamina (Persero) tidak merespons keluhan warga sebelum kilang minyak Balongan terbakar

TRIBUNNEWS.COM/HO/PERTAMINA
Tim HSSE & Fire Fighter Pertamina berupaya memadamkan api pada insiden ledakan tangki Pertamina di Kilang Minyak Balongan RU VI, Indramayu, Rabu (31/3/2021). Tangki di kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, mengalami kebakaran pada Senin (29/3/2021) dini hari. TRIBUNNEWS/HO/PERTAMINA 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ombudsman RI menyimpulkan PT Pertamina (Persero) tidak merespons keluhan warga sebelum kilang minyak Balongan Indramayu terbakar pada Senin (29/3/2021) sekira pukul 00.45 WIB.

Anggota Ombudsman RI Hery Susanto mengatakan pihaknya juga menyimpulkan Pertamina tidak terbuka terhadap masyarakat terkait kondisi kilang minyak tersebut.

Baca juga: Ombudsman Minta Pertamina Segera Selesaikan Investigasi Penyebab Kebakaran Kilang Balongan

Hery mengungkapkan hal tersebut merupakan satu dari lima kesimpulan hasil investigasi Ombudsman RI pasca kejadian tersebut.

Hal tersebut disampaikannya dalam Konferensi Pers Kasus Kebakaran Kilang Minyak Pertamina RU VI Balongan Kabupaten Indramayu secara virtual pada Rabu (14/4/2021).

Baca juga: Polri Bawa Barang Bukti Kebakaran Kilang Minyak Balongan untuk Uji Laboratorium

"Keluhan masyarakat pada saat sebelum kejadian kebakaran kilang minyak tersebut tidak direspon oleh pihak PT Pertamina dan tidak ada keterbukaan informasi mengenai kondisi kilang minyak Balongan PT Pertamina pada saat sebelum kejadian yang dialami," kata Hery.

Dalam investigasinya, kata Hery, Ombudsman RI mendapatkan sejumlah keterangan yang diperoleh di lapangan di antaranya kronologi kejadian berdasarkan penuturan warga.

Berdasarkan keterangan warga, kata Hery, kejadian berawal ketika warga Balongan mencium bau yang sangat menyengat dari kilang Pertamina sejak Minggu (28/3/2021) sore.

Kemudian pada malam harinya, kata Hery, sekira pukul 21.30 WIB warga mendatangi Humas Pertamina.

"Karena merasa tidak digubris oleh pihak Pertamina, warga akhirnya merasa emosional dan melakukan aksi pelemparan batu ke kantor Pertamina," kata Hery.

Halaman
12
Penulis: Gita Irawan
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved