Polisi Minta Masyarakat Gunakan Jasa Derek Resmi Jika Ada Kendala di Perjalanan

Sambodo mengatakan, ada baiknya masyarakat menghubungi layanan emergency PT Jasa Marga dalam hal ini yang mengelola ruas jalan tol.

HERUDIN/HERUDIN
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yugo mengimbau masyarakat untuk senantiasa berhati-hati dalam menggunakan jasa layanan derek terlebih pada malam hari.

Sambodo mengatakan, ada baiknya masyarakat menghubungi layanan emergency PT Jasa Marga dalam hal ini yang mengelola ruas jalan tol.

"Bagi masyarakat yang mengalami gangguan kendaraan di jalan tol silakan menghubungi emergency 14080 jadi kalau ada yang mogok atau pecah ban untuk segera diderek ke luar tol terdekat," kata Sambodo kepada awak media, Kamis (15/4/2021).

Baca juga: Oknum Derek Liar di Gerbang Tol Halim Dicokok Polisi

Hal itu disampaikan Sambodo berkaca dari adanya aksi dari oknum derek liar yang melakukan pemerasan kepada pengguna kendaraan di Jalan tol dekat Gerbang Tol Halim, Jakarta Timur.

Lanjut Sambodo mengatakan, saat ini sudah banyak jasa derek yang disediakan oleh PT Jasa Marga dan layanan tersebut gratis.

Oleh karenanya kata dia, tidak ada alasan masyarakat untuk tidak menggunakan jasa layanan tersebut.

"Kami juga sosialisasikan kepada masyarakat untuk derek di jalan tol sudah disiapkan Jasa Marga, dan gratis tidak pakai bayaran," tuturnya.

Baca juga: Oknum Derek Liar di Jalan Tol Meresahkan, Polisi Turun Tangan

Sebelumnya diberitakan, viral di media sosial video seorang pengemudi truk dihampiri oleh sejumlah oknum derek liar di Jalan Tol dekat Gerbang Tol Halim, Jakarta Timur.

Kejadian ini diduga adalah aksi pemaksaan yang dilakukan oleh derek tidak resmi di dalam jalan tol.

Adapun merujuk keterangan akun di media sosial tersebut, korban derek diduga dipaksa untuk diderek secara tidak resmi.

"Diduga pemaksaan dari derek tidak resmi di jalan tol, pelaku memaksa dengan dalih yang kurang jelas," tulis akun tersebut.

"Sedangkan kita sudah melaporkan ke petugas PJR karena kendaran teman saya mengalami trouble di jalan tol arah gerbang exit Halim Jakarta Timur," lanjutnya.

Untungnya, pihak kepolisian merespons cepat kabar soal oknum derek liar tersebut dan langsung melakukan penangkapan.

"Pelaku sudah kami tangkap," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus kepada wartawan, Kamis (15/4/2021).

Di kesempatan yang sama, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo menambahkan terduga pelaku dicokok di Jalan Tol KM 10 Cikunir arah Bekasi.

Penangkapan dilakukan hari ini sekitar pukul 13.25 WIB. Kini, yang bersangkutan tengah dibawa ke Markas Polda Metro Jaya. Polisi akan memeriksa terduga pelaku.

"Telah diamankan derek liar dan penghuninya yang diduga merupakan pelaku yang melaksanakan tindakan pemerasan di dalam tol," kata Sambodo.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved