Breaking News:

Kemendes PDTT: Transmigrasi Cara Sukseskan Pemulihan Ekonomi Nasional Melalui Ketahanan Pangan

Sekjen Kemndes PDTT Taufik Madjid menjelaskan program transmigrasi turut ambil bagian dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

dok. Kemendes PDTT
Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar 

TRIBUNNEWS.COM - Sekertaris Jendral Kementerian Desa, pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Taufik Madjid menjelaskan program transmigrasi turut ambil bagian dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Hal tersebut disampaikan Taufik saat memberikan arahan pada Forum Komunikasi Bidang Ketransmigrasian tahun 2021 Regional Sumatera di Balai Makarti Muktitama Jakarta pada Selasa (20/4/2021).

Dilansir laman resmi kemendesa.go.id, Kemendes PDTT saat ini tengah fokus melakukan revitalisasi pada 52 kawasan transmigrasi yang telah ditetapkan sebagai prioritas nasional.

Revitalisasi ini dilakukan untuk memaksimalkan pengembangan kawasan transmigrasi yang telah dibangun.

“Program Transmigrasi diharapkan bisa memberikan sumbangsih dalam pemulihan ekonomi nasional melalui agenda ketahanan pangan nasional, kemandirian pangan hingga kedaulatan pangan nasional,” jelas Taufik.

Baca juga: Dugaan Jual Beli Jabatan di Kemendes PDTT, Repdem: Jika Benar, Presiden Mesti Copot Menteri

Baca juga: Berdayakan Masyarakat Desa, Kemnaker dan Kemendes Jalin Kerja Sama dengan UINSA

Tidak Bangun Kawasan Baru

Salah satu kebijakan yang diambil untuk mensukseskan program tersebut, menurut Taufik dengan tidak membuka dan membangun kawasan transmigrasi baru.

"Kemendes PDTT belum akan membuka kawasan baru, yang ada adalah revitalisasi pengembangan kawasan-kawasan yang ada,” terang Taufik.

Kebijakan tersebut diambil karena revitalisasi kawasan transmigrasi dilakukan agar paradigma transmigrasi tidak sekadar program yang dilakukan untuk memindahkan warga dari satu daerah ke daerah lainnya.

Namun juga memindahkan berbagai perangkat yang dibutuhkan seperti teknologi hingga pasar secara masif.

Halaman
12
Penulis: Triyo Handoko
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved