Breaking News:

Mudik Lebaran 2021

Polri Ungkap Alasan Pemerintah Larang Mudik Lebaran Pada Tahun Ini

Polri menggelar rapat koordinasi lintas sektoral untuk kesiapan menghadapi Idul Fitri 1442H di Rupatama, Mabes Polri, Jakarta Selatan pada Rabu (21/4/

WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN
MUDIK LEBIH AWAL - Calon penumpang memadati Terminal AKAP Kalideres, Jakarta Barat, Jumat (9/4/2021). Terkait adanya larangan mudik oleh pemerintah, sejumlah warga mengakalinya dengan mudik lebih awal untuk menjalani tradisi munggah yakni menjalani pekan pertama puasa ramadan di kampung bersama keluarga besarnya, setelah itu mereka kembali lagi ke Jakarta dan merayakan lebaran di ibukota. WARTA KOTA/NUR ICHSAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polri menggelar rapat koordinasi lintas sektoral untuk kesiapan menghadapi Idul Fitri 1442H di Rupatama, Mabes Polri, Jakarta Selatan pada Rabu (21/4/2021).

Rapat koordinasi ini diikuti oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Mendagri Tito Karnavian, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, menteri agama Gus Yaqut hingga Kapolda jajaran di daerah.

"Rapat kordinasi ini dalam rangka menyamakan persepsi dan juga menyamakan langkah di lapangan khususnya dalam kegiatan idul fitri pada tahun 2021 ini," kata Karo Penmas Divisi Polri Brigjen Rusdi Hartono di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (21/4/2021).

Dalam rapat itu, kata Rusdi, diungkapkan bahwa adanya peningkatan penularan Covid-19 pasca idul fitri 2020 lalu. Bahkan, peningkatannya mencapai 93 persen dibandingkan bulan lalu.

"Peningkatan terkonfirmasi positif virus corona itu meningkat sampai 93%, data meninggal pada mingguan itu meningkat 63% mendasari daripada idul fitri 2020," jelas dia.

Baca juga: Gelombang Curi Start Mudik Perlu Diwaspadai

Atas dasar itu, pihaknya membahas kebijakan pemerintah terkait larangan mudik lebaran. Rapat koordinasi ini untuk membahas teknis mengenai giat pelarangan mudik lintas sektoral.

"Tentunya kementerian terkait berusaha secara bersama-sama bagaimana aktivitias idul fitri ini dapat berjalan dengan aman dengan hikmat dengan selamat. Tentunya tidak terjadi lagi apa yang terjadi pada tahun 2020," ungkapnya.

Lebih lanjut, Rusdi mengajak seluruh warga untuk tidak melaksanakan mudik lebaran pada tahun ini.

"Pemerintah mengajak pada masyarakat untuk dapat secara kesadaran penuh untuk dapat menindak lanjuti daripada kebijakan pemerintah untuk tidak melakukan mudik pada idul fitri 2021. Ini menjadi hal yang dibahas dalam rapat koordinasi tersebut," pungkasnya.
 

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved