Breaking News:

Kapal Selam Nanggala Hilang Kontak

Apa Itu ISMERLO? Yang Tawarkan Bantuan Angkat KRI Nanggala-402 dari Kedalaman 838 Meter

Apa itu ISMERLO? ISMERLO menawarkan bantuan pada TNI AL untuk mengangkat KRI Nanggala-402 dari kedalaman 838 meter.

Twitter @JurnalMaritim
KRI Nanggala-402. Apa itu ISMERLO? ISMERLO menawarkan bantuan pada TNI AL untuk mengangkat KRI Nanggala-402 dari kedalaman 838 meter. 

TRIBUNNEWS.COM - TNI AL telah mendapat tawaran bantuan dari International Submarine Escape and Rescue Liaison Office (ISMERLO) untuk mengangkat badan KRI Nanggala-402 yang berhasil ditemukan di kedalaman 838 meter pada Minggu (25/4/2021).

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Yudo Margono, mengungkapkan ISMERLO bersedia membantu mengangkat badan KRI Nanggala-402 yang telah terbelah menjadi tiga bagian.

Meski begitu, Yudo mengatakan pihaknya akan berkoordinasi terlebih dulu dengan pemerintah pusat.

"Kita akan berusaha mengangkat kapal ini walaupun dengan kedalaman 838 dan tentunya di dalam organisasi ISMERLO," kata Yudo, Minggu, dilansir Tribunnews.

"Namun karena ini perlu keputusan pemerintah tentunya saya akan mengajukan ke Panglima TNI yang nanti secara berjenjang ke atas dan tentunya kalaupun sudah ada keputusan nanti kita akan angkat," imbuhnya.

Gambar dari kamera kapal MV Swift Rescue, ditangkap di kedalaman 838m, menunjukkan bagian lambung dari kapal selam yang tenggelam.
Gambar dari kamera kapal MV Swift Rescue, ditangkap di kedalaman 838m, menunjukkan bagian lambung dari kapal selam yang tenggelam. (Dok. TNI AL)

Baca juga: PROFIL KRI Rigel, Berhasil Temukan KRI Nanggala-402 Lewat Pemindaian, Beda dari Kapal Perang Lainnya

Baca juga: PROFIL Kapal Selam Nanggala Milik TNI AL yang Hilang Kontak, Dijuluki Monster Bawah Laut

Profil ISMERLO

Mengutip situs resminya, ISMERLO adalah organisasi militer yang beroperasi di lingkungan internasional, yang berfokus pada tujuan kemanusiaan untuk menyelamatkan nyawa di laut.

Dikutip dari naval-technology.com, International Submarine Escape and Rescue Liaison Office (ISMERLO) didirikan pada 2003, tiga tahun setelah tragedi kapal selam Kursk yang menewaskan 118 awaknya.

ISMERLO, yang didirikan The North Atlantic Treaty Organization (NATO) dan Submarine Escape and Rescue Working Group (SMERWG), awalnya bertempat di Norfolk, Amerika Serikat.

Namun, saat ini markas besar ISMERLO ada di Northwood, Inggris.

Halaman
123
Penulis: Pravitri Retno Widyastuti
Editor: Whiesa Daniswara
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved