Breaking News:

JPU Bakal Pelajari Berkas Perkara Dugaan Unlawful Killing Laskar FPI Paling Lama 14 Hari

Jaksa Penuntut Umum (JPU) akan mempelajari pelimpahan berkas perkara dugaan unlawful killing laskar Front Pembela Islam (FPI)

Kompas TV
Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri, Kombes Pol Ahmad Ramadhan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jaksa Penuntut Umum (JPU) akan mempelajari pelimpahan berkas perkara dugaan unlawful killing laskar FPI (Front Pembela Islam) paling lama 14 hari untuk proses verifikasi.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes pol Ahmad Ramadhan menyampaikan pelimpahan berkas perkara telah dilakukan sejak 26 April 2021 kemarin.

"Berkasnya dalam waktu 14 hari nanti akan dipelajari oleh JPU di Kejaksaan Agung apabila ada perbaikan tentunya penyidik akan memperbaikinya," kata Ahmad kepada wartawan, Selasa (27/4/2021).

Baca juga: Polri Lengkapi Berkas Perkara Dugaan Unlawful Killing Laskar FPI

Jika nantinya berkas itu dinyatakan lengkap, kata Ahmad, penyidik bakal menyerahkan tersangka dan barang bukti untuk diproses di persidangan.

"Tentunya setelah diperbaiki nanti ketika udah dinyatakan lengkap, tahapan berikutnya adalah tahapan II," pungkasnya.

Baca juga: 3 Personel Polda Metro Jaya Ditetapkan Sebagai Tersangka Dugaan Unlawful Killing Laskar FPI

Sebelumnya, berkas perkara anggota Polri penembak laskar Front Pembela Islam (FPI) dilimpahkan ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Senin (26/4/2021) kemarin.

Diketahui, ada 3 anggota Polri yang ditetapkan menjadi tersangka dalam kasus ini. Namun, seorang tersangka berinisial EPZ tak dilanjutkan penyidikannya karena telah meninggal dunia.

"Hari Senin 26 April 2021 pukul 13.00 WIB, penyidik Dittipidum Bareskrim Polri telah melaksanakan tahapan penyidikan yaitu penyerahan berkas perkara kasus KM 50, kasus meninggalnya 4 orang laskar FPI yang diduga dilakukan oleh saudara F dan Y," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (27/4/2021).

Baca juga: Kasus Unlawful Killing Laskar FPI, 3 Personel Polda Metro Jaya Telah Diperiksa Sejak Pekan Kemarin

Ia menyatakan berkas perkara tersebut kini masih dipelajari oleh JPU. Nantinya, JPU akan mengkaji apakah berkas itu telah memenuhi syarat atau harus diperbaiki terlebih dahulu.

Halaman
12
Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved