Breaking News:

Kerumunan Massa di Acara Rizieq Shihab

Rizieq Shihab Jelaskan Awal Mula Jamaah Berkerumun pada Peringatan Maulid Nabi di Petamburan

Menurut Rizieq, kerumunan itu terjadi saat penceramah di atas panggung membaca kitab Maulid Nabi Muhammad  atau pada saat Mahalul Qiyam. 

Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
Suasana sidang lanjutan perkara pelanggaran protokol kesehatan yang menimbulkan kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat atas terdakwa Muhammad Rizieq Shihab (MRS) di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, Senin (3/5/2021). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Muhammad Rizieq Shihab menceritakan penyebab massa berkerumun dan berdesakkan dalam acara peringatan Maulid Nabi Muhammad dan pernikahan putrinya Najwa Shihab di Petamburan, Jakarta Pusat, yang terjadi pada Sabtu (14/11/2020) lalu. 

Menurut Rizieq, kerumunan itu terjadi saat penceramah di atas panggung membaca kitab Maulid Nabi Muhammad  atau pada saat Mahalul Qiyam. 

Saat tiba pada bagian pembacaan kitab Maulid itu, kata Rizieq, jamaah yang hadir mulai tak terkendali.

Sebab pada bagian pembacaan kitab Maulid saat Mahalul Qiyam, kata dia, setiap jamaah yang hadir memang diwajibkan untuk berdiri. 

"Saat berdiri itulah, panitia tidak bisa mengendalikan, ternyata yg dari belakang itu mulai maju ke depan. Itu kejadiannya," kata Rizieq dalam ruang sidang utama Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, Senin (3/5/2021).

Baca juga: Cerita Rizieq Shihab Batalkan Rencana Keliling Indonesia

Padahal, kata Rizieq, awalnya acara Maulid dan pernikahan putrinya itu berjalan normal, masyarakat yang datang ke Petamburan pun masih tertib dan kondusif. 

Sebagian besar dari mereka juga kata Rizieq menerapkan jaga jarak, menggunakan masker sesuai dengan protokol kesehatan yang diatur oleh panitia.

"Tapi begitu selesai Mahalul Qiyam, karena pada saat berdiri mereka sebagian maju ke depan. Selesai Mahalul Qiyam mereka duduk lagi. Begitu duduk, nah di situlah jarak tidak lagi bisa terjaga," ucapnya. 

Melihat kondisi tersebut, dia sempat menegur panitia agar jamaah itu dapat kembali menjaga jarak. 

Halaman
123
Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved