Breaking News:

Penembakan di Papua

Satgas Nemangkawi Kantongi Identitas 3 Kelompok Teroris Yang Terlibat Kontak Tembak di Ilaga

KKB wilayah Pegunungan Illaga Papua yang kini tengah diburu oleh TNI Polri kembali berulah dan melakukan penembakan ke arah aparat

facebook/KOMNAS-TNPB
Pimpinan KKB Papua Goliath Tabuni (kiri) dan Lekagak Telenggeng (kanan) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Satgas Nemangkawi menyebut telah mengantongi identitas 3 kelompok teroris yang terlibat kontak tembak dengan TNI-Polri di daerah Ilaga, Puncak, Papua pada Kamis (6/5/2021) kemarin.

"Kelompok Teroris Legakak Telenggen, Kelompok Teroris Larie Mayu, dan Kelompok Teroris Mamboan," kata Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes M Iqbal Alqudusy dalam keterangannya, Jumat (7/5/2021).

Iqbal menyampaikan kontak tembak pecah lantaran KKB disebut memulai penyerangan terlebih dahulu. Dia bilang, KKB Papua sengaja membuat keresahan di tanah Papua.

Baca juga: KKB Kembali Beraksi Lepaskan Tembakan ke Polres Puncak Papua, Ratusan Warga Ketakutan dan Berlindung

"Mereka ini sengaja membuat teror di masyarakat. Kelompok mereka," jelasnya.

Lebih lanjut, Iqbal menyampaikan kondisi Papua telah terkendali pasca kontak tembak tersebut. Sebaliknya, masyarakat telah beraktivitas seperti biasa.

"Pasca kontak tembak, masyarakat kembali beraktivitas dengan aman di bawah perlindungan TNI-Polri. Tidak ada pengungsi di Ilaga, yang ada adalah masyarakat mengamankan diri dari serangan KKB. Setelah aman masyarakat kembali beraktivitas," pungkasnya.

Baca juga: Polisi Minta Masyarakat Papua Tidak Takut Dengan Gangguan KKB

Sebelumnya, KKB wilayah Pegunungan Illaga Papua yang kini tengah diburu oleh TNI Polri kembali berulah dan melakukan penembakan ke arah aparat TNI Polri.

Kasatgas Humas Nemangkawi Kombespol M Iqbal Al Qudusy membenarkan peristiwa tersebut.

"Bahwa benar pada hari Kamis 06 Mei 2021 Pukul 19:07 WIT telah terjadi Kontak tembak antara TNI-Polri dan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di kampung Kimak Distrik ilaga kabupaten Puncak," ungkap Al Qudusy.

Baca juga: Polisi Minta Masyarakat Papua Tidak Takut Dengan Gangguan KKB

Ia menyebutkan bahwa ada sebagian masyarakat yang mengamankan diri menuju kota Ilaga karena takut akan Kelompok Teroris KKB yang melakukan serangan ke posko aparat.

"Saat ini TNI-Polri sedang melakukan Pengejaran dan meningkatkan Keamanan di sekitar Kota Ilaga," pungkasnya.

Berita lainnya

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved