Breaking News:

Terobosan Polri Manfaatkan Teknologi Informasi Dalam Pelayanan Publik Diapresiasi

Dalam mewujudkan Polri yang Presisi, Jenderal Listyo melakukan pembenahan baik dalam bidang pelayanan publik maupun penegakan hukum.

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Suasana Gedung Mabes Polri di Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (17/11/2015). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Adi Suhendi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejak dilantik Presiden Jokowi pada 27 Januari 2021, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah melakukan sejumlah terobosan dalam mengubah wajah Korps Bhayangkara.

Dalam mewujudkan Polri yang Presisi (pemolisian prediktif, responsibilitas, transparansi, dan berkeadilan), Jenderal Listyo melakukan pembenahan baik dalam bidang pelayanan publik maupun penegakan hukum.

Dalam 100 hari sejak dilantik menjadi Kapolri, upaya Jenderal Listyo mewujudkan Polri yang transparan dan berkeadilan mulai nampak.

Ketua BEM Nusantara Dimas Prayoga mengapresiasi langkah Polri memanfaatkan teknologi informasi dalam melayani masyarakat.

Adapun terobosan yang dilakukan Polri di bawah kepemimpinan Jenderal Listyo Sigit Prabowo di antaranya aplikasi E-dumas (Elektonik Pengaduan Masyarakat).

Baca juga: Kakorlantas Polri Tegaskan Pemudik yang Lolos Penyekatan di Bekasi Bakal Diputar Balik di Pos lain

Baca juga: Jelang Lebaran, Polri Turunkan Densus 88 Antisipasi Ancaman Aksi Terorisme

Aplikasi tersebut menurutnya membuka pintu bagi masyarakat untuk melaporkan penyalahgunaan wewenang yang dilakukan anggota polri.

"Kedua adanya aplikasi untuk memperpanjang SIM, ini sangat membantu dan sangat adaptif terhadap situasi sekarang yang masih dalam suasana pandemi Covid-19," kata Dimas dalam keterangan tertulisnya, Senin (10/5/2021).

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memberikan sambutan saat menghadiri peluncuran aplikasi Propam Presisi di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (13/4/2021). Aplikasi Propam Presisi tersebut diciptakan oleh Divisi Profesi dan Pengamanan (Divpropam) Polri sebagai sarana pengaduan terkait oknum polisi maupun PNS di kesatuan Polri agar bisa melapor lebih cepat, mudah, transparan, akuntabel, dan informatif. Tribunnews/Irwan Rismawan
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memberikan sambutan saat menghadiri peluncuran aplikasi Propam Presisi di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (13/4/2021). Aplikasi Propam Presisi tersebut diciptakan oleh Divisi Profesi dan Pengamanan (Divpropam) Polri sebagai sarana pengaduan terkait oknum polisi maupun PNS di kesatuan Polri agar bisa melapor lebih cepat, mudah, transparan, akuntabel, dan informatif. Tribunnews/Irwan Rismawan (Tribunnews/Irwan Rismawan)

Selain itu, Dimas pun mengapresiasi hadirnya Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di beberapa provinsi di Indonesia.

Baca juga: Masa Libur Lebaran, Pelayanan BPJS Kesehatan Tetap Siaga

"Ketiga sudah berlakunya E-TLE (Electronic Traffic Law Enforcement) di beberapa provinsi, untuk meminimalisir pungli di jalan, dan menerapkan tilang secara online supaya transparan dan akuntabel,” jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Adi Suhendi
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved