Breaking News:

Pertanian di Sumba Tengah Dimaksimalkan dengan Bantuan Alsintan

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, dengan memanfaatkan alsintan produktivitas pertanian bisa digenjot.

Dok Kementan RI
Alsintan membuat pekerjaan petani menjadi lebih efektif dan efisien. 

TRIBUNNEWS.COM - Sektor pertanian di Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur, semakin diperkuat dengan hadirnya bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) berupa 30 unit Hand Traktor. Nantinya, alsintan ini akan dimanfaatkan untuk memaksimalkan program Food Estate di Sumba Tengah.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, dengan memanfaatkan alsintan produktivitas pertanian bisa digenjot.

"Alsintan akan mendukung petani untuk meningkatkan produktivitas. Sebab, dengan alsintan losses bisa ditekan," tuturnya, Sabtu (15/5/2021).

Sementara Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, Sarwo Edhy, mengatakan alsintan membuat pekerjaan petani menjadi lebih efektif dan efisien.

"Dengan bantuan hand traktor ini, petani bisa mengolah lahan secara mandiri selama beberapa jam. Sedangkan dengan cara lama, mengolah lahan butuh waktu beberapa hari dengan melibatkan sejumlah orang," katanya.

Tidak itu saja, Sarwo Edhy menambahkan jika alsintan akan mendukung pertanian yang maju, mandiri, dan modern.

Menurut Bupati Sumba Tengah, Paul Kira Limu, 30 unit Hand Traktor yang diberikan tersebut, adalah realisasi janji bantuan Presiden Jokowi saat berkunjung ke Sumba Tengah 23 Februari 2021 lalu.

“Iya benar. 30 unit hand traktor bantuan Presiden Jokowi telah kami terima Selasa 11 Mei 2021 kemarin. Tentunya yang pertama atas nama masyarakat Sumba Tengah saya apresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada bapak Presiden Jokowi yang begitu peduli terhadap kami,” kata Bupati Paul Kira Limu.

Dengan bertambahnya 30 unit hand traktor merek Quick Kubota ini lanjut Paul maka total keseluruhan hand traktor yang berada di Sumba Tengah sudah ada 110 unit.

“Sebanyak 30 hand traktor ini nantinya akan diberikan lagi kepada Kelompok-Kelompok Tani di Sumba Tengah. Ini untuk membantu para petani dalam mengolah lahan pertaniannya,” kata Paul.

Dia menyebutkan, pada tahun 2020 lalu Kabupaten Sumba Tengah juga mendapat bantuan 80 unit hand traktor dari Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melalui Dirjen Prasarana dan Sarana. (*)

Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved