Breaking News:

Mudik Lebaran 2021

Menhub Budi Karya Sebut Sebanyak 440 Ribu Pemudik dari Sumatera akan Kembali ke Pulau Jawa

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memprediksi akan ada lonjakan penumpang asal Sumatera yang kembali ke Pulau Jawa.

Tribun Jabar/ZELPHI
Ilustrasi. Petugas Polretabes Bandung meminta pengendara dengan plat nomor selain Kota Bandung untuk memeperlihatkan kelengkapan dokumen kesehatan dan izin perjalanan saat pandemi covid-19 di posko penyekatan arus balik di Bunderan Cibiru, Kota Bandung, Sabtu (15/05/2021). Posko cek poin beroperasi dalam rangka antisipasi mobilitas libur lebaran 2021 sejak 6 - 17 Mei mendatang. Dalam pelasanaannya cek poin dikomandoi oleh kepolisian dan bersinergi dengan TNI serta dibantu Dishub, Satpol PP dan tim Kesehatan serta PMI secara keseluruhan tergabung dalam Satgas Penanganan Covid-19. Hal tersebut seperti diungkapkan Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bandung, Ema Sumarna. (Tribun jabar/zelphi) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memprediksi akan ada lonjakan penumpang asal Sumatera yang kembali ke Pulau Jawa.

Kementerian Perhubungan mencatat sebanyak 440 ribu orang menyeberang melalui Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni Lampung dan diperkirakan yang kembali ke Jawa jumlahnya akan sama.

Untuk menghindari penumpukan penumpang di Pelabuhan Bakauheni, Budi meminta agar masyarakat yang akan menyebrang ke Jawa sudah mengantongi hasisl tes swab antigen di daerah asal keberangkatannya.

"Agar tak terjadi penumpukan di pelabuhan, masyarakat yang berangkat dari Sumatera sudah dites Antigen. Kalau dia dari Sumatera Barat ya di Sumatera Barat, dari Aceh ya di Aceh. Karena dengan begitu artinya menghindari penumpukan di sini," kata Budi Karya saat meninjau kunjungan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Minggu (16/5/2021).

Baca juga: Menhub Budi Karya: Lebih dari 1,5 Juta Orang Telah Mudik Selama Lebaran 2021

Budi Karya berharap seluruh pemangku kebijakan mulai dari Pemda di wilayah Sumatera dapat berkoordinasi bersama dengan TNI dan Polri untuk menginformasikan kepada masyarakat yang akan menyeberang ke Jawa untuk mempersiapkan swab antigen. Sebab, dengan tersampaikannya informasi tersebut akan mengurangi kepadatan saat menyeberang kembali ke Merak.

Hadir dalam kesempatan itu pula, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy juga mendapat laporan dan informasi terkait antisipasi dan penanganan arus transportasi dari Pulau Sumatera ke Jawa. Salah satunya terkait antisipasi masyarakat yang akan menyebrang ke Jawa agar dipastikan benar-benar terbebas dari Covid-19.

Baca juga: Menhub Budi Karya Prediksi Arus Balik Mudik Akan Terjadi Tanggal 16-17 Mei 2021

"Sangat penting diperiksa mulai dari daerah, dan itu perlu koordinasi dengan Polda, Kodam, Polres, Danrem. Itu betul-betul menjadi kunci. Upayakan yang berangkat itu benar-benar sehat," imbuh Muhadjir.

Seperti diketahui, masa pelarangan mudik Lebaran 2021 berakhir hari ini, Senin (17/5/2021). Potensi kepadatan arus balik juga terjadi di sejumlah ruas jalan, Terminal Bus, Stasiun, dan Pelabuhan. 

Penulis: Fandi Permana
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved