Breaking News:

Komisi Informasi Pusat Segera Luncurkan Indeks Keterbukaan Informasi Publik, Ini Fungsinya

Komisi Informasi Pusat (KIP) segera meluncurkan program Indeks Keterbukaan Informasi Publik (IKIP) pada Juli 2021.

ISTIMEWA
Komisi Informasi Pusat (KIP) saat menggelar diskusi mengenai peluncuran Indeks Keterbukaan Informasi Publik (IKIP). Indeks Keterbukaan Informasi Publik diperkirakan launching pada Juli 2021 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Informasi Pusat (KIP) segera meluncurkan program Indeks Keterbukaan Informasi Publik (IKIP).

Diperkirakan, IKIP di-launching pada bulan Juli 2021. 

"Diperkirakan Indeks Keterbukaan Informasi Publik ini selesai di Bulan Juli 2021 mendatang," ujar Komisioner Bidang Penelitian dan Dokumentasi KIP Romanus Ndau Lendong kepada Tribunnews.com, Sabtu (29/5/2021).

Baca juga: Eks Dirut Sarana Jaya Resmi Tersangka Korupsi, Wagub DKI Minta Jajarannya Lebih Hati - hati

IKIP merupakan satu di antara mekanisme untuk mengukur sejauh mana implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik di Indonesia dalam rangka mewujudkan good governance, pelayanan publik berkualitas dan pencegahan tindak pidana korupsi.

Melalui IKIP, badan-badan publik seperti kementerian/lembaga maupun organisasi akan didorong untuk membuka informasi seluas-luasnya. 

Keterbukaan informasi oleh badan-badan publik menjadi tujuan utama dibentuknya Indeks Keterbukaan Informasi Publik ini.

"Tindak pidana korupsi terjadi karena masih ada ruang-ruang "gelap". Kalau informasi dibuka secara luas, tidak ada lagi ruang-ruang gelap. Semuanya terang benderang," ujar Romanus.

"Dan maaf, di tempat yang terang, orang jahat pun akan dipaksa berbuat baik," sambung Romanus.

Baca juga: Ketum PGI Minta Presiden Jokowi Turun Tangan, Selamatkan KPK dari Upaya Pelemahan

Apa yang disampaikan Romanus ini mengisyaratkan bahwa keterbukaan informasi dapat mencegah terjadinya tindak pidana korupsi

Romanus berpendapat, korupsi terjadi bukan semata karena sikap pribadi atau watak korup manusia, melainkan karena sistem. 

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved