Breaking News:

KPU RI Siapkan Integrasi Sistem Informasi untuk Mendukung Pemilu dan Pilkada 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI tengah menyiapkan integrasi sistem informasi untuk Pemilu dan Pilkada serentak 2024.

KOMPAS/PRIYOMBODO
Ilustrasi Pilkada. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI tengah menyiapkan integrasi sistem informasi untuk Pemilu dan Pilkada serentak 2024.

Ketua KPU RI Ilham Saputra mengatakan rencananya seluruh sistem yang saat ini sudah dimiliki KPU akan terkoneksi dan terintegrasi dengan baik.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga tengah memperbaiki kelemahan-kelemahan dalam penerapan Sirekap yang telah dilaksanakan pada pilkada 2020 lalu.

Hal tersebut disampaikannya dalam diskusi virtual bertajuk Menakar Kesiapan Penyelenggaraan Pemilu 2024 yang digelar Perludem pada Minggu (30/5/2021).

Baca juga: KPU RI Kaji Efisiensi Jumlah Surat Suara untuk Pemilu 2024

"Kami juga sedang mempersiapkan agar data nanti bisa terkoneksi dengan baik di seluruh sistem informasi yang ada. Sipol, Sirekap, Sidapil, Sidakam dan seluruh sistem informasi yang kami punya itu nanti akan terintegrasi di satu sistem IT kami, karena selama ini belum terintegrasi dengan baik. Terutama Sirekap juga demikian," kata Ilham.

Ilham mengatakan pihaknya juga telah meminta DPR dan pemerintah untuk mencarikan dasar hukum terkait penerapan sistem informasi dan teknologi KPU dalam Pemilu dan Pilkada serentak 2024 mendatang.

Ia mengatakan hal itu perlu mendapatkan dukungan regulasi agar nantinya tidak menjadi masalah. 

"Jadi kami kemarin menyampaikan kepada pemerintah dan DPR agar bisa dicarikan dasar hukum terkait soal IT nanti, Sirekap dan hal-hal baru yang nanti akan kami terapkan, Sidalih yang elektronik mungkin saja, dan beberapa hal lain," kata Ilham.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved