Breaking News:

Korupsi Bansos Covid di Kemensos

Juliari Batubara Targetkan Pungutan Fee Bansos Rp 35 Miliar, 2 Pejabat Kemensos Ini Jadi Juru Tagih

Matheus mengaku dirinya bersama Adi Wahyono jadi orang yang ditugasi memungut fee dari setiap vendor pengadaan bansos Covid-19 tahun 2020.

Tribunnews/Irwan Rismawan
Terdakwa korupsi bansos, Juliari Batubara mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Senin (10/5/2021). Agenda sidang mantan Menteri Sosial tersebut adalah mendengarkan keterangan saksi yang salah satunya yaitu terdakwa korupsi bansos pula, Harry Van Sidabukke. Tribunnews/Irwan Rismawan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Eks Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kemensos Matheus Joko Santoso mengaku dirinya bersama Adi Wahyono selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) jadi orang yang ditugasi memungut fee dari setiap vendor pengadaan bansos Covid-19 tahun 2020.

Hal ini disampaikan Matheus saat bersaksi dalam kasus korupsi pengadaan bansos Covid-19 Jabodetabek tahun 2020, untuk terdakwa eks Menteri Sosial Juliari Peter Batubara, di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (7/6/2021).

"Selain saksi ada siapa aja? (bertugas mengumpulkan fee)," tanya Jaksa Penuntut Umum (JPU).

"Adi Wahyono," terang Matheus.

Baca juga: Sidang Korupsi Bansos Covid-19, Terungkap Ada Target Pungutan Fee Rp 35 Miliar

Matheus dihadirkan sebagai saksi untuk terdakwa eks Menteri Sosial Juliari Peter Batubara, dalam sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (7/6/2021).
Matheus dihadirkan sebagai saksi untuk terdakwa eks Menteri Sosial Juliari Peter Batubara, dalam sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (7/6/2021). (Tribunnews.com/Danang Triatmojo)

Matheus menyampaikan pada Juni 2020, Staf Ahli Juliari, Kukuh Ariwibowo menyampaikan target pungutan fee tersebut di ruangan Kepala Biro Umum.

Dalam pertemuan itu juga hadir Adi Wahyono.

Saat itu Matheus menyebut Kukuh memperlihatkan tabel yang berisi daftar nama vendor pengadaan paket bansos putaran pertama tahap enam.

Pada tabel itu tertuang jumlah kuota masing - masing vendor perusahaan pengadaan bansos yang dikalikan Rp10 ribu sebagai pungutan fee dari setiap paket sembako.

"Di situ disampaikan tentunya tabel Pak, ada nama vendor, kemudian jumlah kuota," ujar dia.

Baca juga: Eks Pejabat Kemensos Bersaksi di Hadapan Mantan Mensos dalam Sidang Korupsi Bansos

Namun ada tabel dengan kolom kosong dalam dokumen tersebut.

Halaman
12
Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Theresia Felisiani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved