Breaking News:

Korupsi Bansos Covid di Kemensos

Sidang Korupsi Bansos Covid-19, Terungkap Ada Target Pungutan Fee Rp 35 Miliar

Matheus mengaku ada target pungutan fee pengadaan bansos sembako Covid-19 sebesar Rp35 miliar dari setiao vendor pengadaan bansos 2020 Jabodetabek.

Tribunnews.com/Danang Triatmojo
Matheus dihadirkan sebagai saksi untuk terdakwa eks Menteri Sosial Juliari Peter Batubara, dalam sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (7/6/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Eks Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kementerian Sosial Matheus Joko Santoso mengaku ada target pungutan fee pengadaan bantuan sosial (bansos) sembako Covid-19 sebesar Rp35 miliar.

Fee itu dikumpulkan dari setiap vendor pengadaan bansos tahun 2020 Jabodetabek.

Matheus dihadirkan sebagai saksi untuk terdakwa eks Menteri Sosial Juliari Peter Batubara, dalam sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (7/6/2021).

Baca juga: Eks Pejabat Kemensos Bersaksi di Hadapan Mantan Mensos dalam Sidang Korupsi Bansos

Dalam kesaksiannya, Matheus menyebut dari target Rp35 miliar, pungutan yang terkumpul baru sekitar Rp11 miliar atau kurang Rp24 miliar lagi.

"Target yang belum terpenuhi, itu masih belum tercapai sebanyak kurang lebih Rp 24 miliar lagi, dari yang ditargetkan Rp 35 miliar," kata Matheus di persidangan.

Matheus mengatakan Staf Ahli Juliari, Kukuh Ariwibowo juga sempat memperlihatkan tabel yang berisi daftar nama vendor pengadaan paket bansos putaran pertama.

Dalam tabel itu juga tertulis jumlah kuota masing - masing vendor perusahaan pengadaan bansos yang dikalikan Rp10 ribu.

Matheus mengaku per paket bansos diminta pungutan sebesar Rp10 ribu.

"Waktu itu Pak Kukuh menyampaikan tabel kepada saya, di situ ada nama vendor. Di situ disampaikan tentunya tabel pak, ada nama vendor, kemudian jumlah kuota, dikalikan Rp10 ribu, ada tertulis," terang Matheus.

Baca juga: Kronologi Mensos Risma Ungkap Adanya Tekanan Bereskan Data Penerima Bansos

Kata Matheus, tabel yang diberikan Kukuh tersebut sudah memperlihatkan ilustrasi atau estimasi total pungutan untuk setiap vendor.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved