Breaking News:

Produk Nestle Dinilai Tak Sehat, Ini Kata BPOM

Ditegaskan BPOM bahwa informasi produk tidak sehat yang disampaikan tidak terkait dengan keamanan dan mutu pangan.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Ramai pemberitaan terkait kebocoran dokumen internal Nestle, yang menyebut bahwa produk makanan dan minuman yang diproduksi Nestle tidak memenuhi standar kesehatan yang berlaku.

Bagaimana dengan produk Nestle di Indonesia, apakah aman dan layak komsumsi?

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pun angkat bicara dalam keterangan resmi yang diterima Tribunnews.com, Selasa (8/6/2021).

Ditegaskan BPOM bahwa informasi produk tidak sehat yang disampaikan tidak terkait dengan keamanan dan mutu pangan.

"Pemberitaan tersebut berkaitan dengan pencantuman kandungan gizi produk, khususnya kandungan Gula, Garam, dan Lemak (GGL) sebagai salah satu faktor risiko penyebab Penyakit Tidak Menular (PTM) jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan," tulis BPOM diketerangannya.

Baca juga: Cara Melancarkan Haid: Perhatikan Asupan Makanan hingga Hindari Stres

Badan POM menjelaskan, informasi kandungan GGL merupakan bagian dari pencantuman Informasi Nilai Gizi (ING), yang diberlakukan wajib melalui Peraturan Badan POM Nomor 22 tahun 2019 tentang Informasi Nilai Gizi pada Label Pangan Olahan. Secara global, panduan pencantuman kandungan gizi diatur dalam Codex Guideline on Nutrition Labelling (CAC/GL 2-1985 yang direvisi pada tahun 2017).

Untuk lebih mudah dipahami masyarakat di Indonesia, pencantuman ING selain dalam bentuk tabel, pada label pangan juga dapat dicantumkan informasi tentang panduan asupan gizi harian dan logo “pilihan lebih sehat” pada bagian utama label yang diterapkan secara sukarela.

Baca juga: 7 Makanan Kaya Nutrisi yang Bisa Mengatasi Stres, dari Ubi Jalar hingga Buncis

Model pencantuman “Health Star Rating” dengan persyaratan kandungan gizi tertentu dan menggunakan peringkat dari bintang setengah sampai dengan lima diterapkan di Australia dan New Zealand.

"Badan POM telah melakukan proses evaluasi terhadap aspek keamanan, mutu, gizi dan label termasuk pencantuman ING dalam memberikan Nomor Izin Edar (NIE) produk pangan olahan, termasuk produk Nestle yang beredar di Indonesia," lanjut BPOM.

Halaman
12
Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved