Breaking News:

Keinginan Jokowi Kembangkan Industri Hijau Disambut Pengusaha

Jokowi menekankan pentingnya pembangunan industri hijau (green industry) ramah lingkungan.

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ilustrasi: Presiden Joko Widodo memberikan arahan saat peresmian pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas). 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbang) Tahun 2021, Mei kemarin, Jokowi menekankan pentingnya pembangunan industri hijau (green industry) ramah lingkungan.

Bahkan, energi listrik yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan kawasan industri hijau tersebut juga berasal dari energi baru terbarukan (EBT).

"Transformasi energi baru dan terbarukan harus dimulai. Green economy, green technology, dan green product harus diperkuat agar bisa bersaing di pasar global. Dan, kita sudah merencanakan pembangunan green industrial park, kawasan industri hijau di Kalimantan Utara,” kata Jokowi.

Kala itu Jokowi berharap, tenaga air (hydro power) yang ada di Sungai Kayan, Kalimantan Utara, dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Sumber energi ini akan menghasilkan energi hijau, energi baru terbarukan.

Keinginan Jokowi tersebut mendapat sambutan positif dari pengusaha. Salah satunya dari PT Kayan Hydro Energy (KHE) yang melaksanakan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Kalimantan Utara.

Direktur Operasional KHE Khaeroni mengatakan pihaknya mendukung dan sejalan dengan upaya pemerintah. Bahkan, KHE telah mengembangkan konsep green energy sejak 2011.

Baca juga: Presiden Jokowi Minta Pengelolaan Arsip Memanfaatkan Kemajuan Teknologi Digital

KHE merupakan inisiator dan pemrakarsa proyek PLTA yang terdiri atas lima Cascade di Sungai Kayan, Kecamatan Long Peso, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara.

"Sejak sepuluh tahun silam, kami sudah memulai apa yang diutarakan Presiden Jokowi. Studi teknis, sosial, ekonomi, budaya, serta sosialiasi dan proses perizinan untuk pembangunan PLTA sudah selesai," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Tribunnews.com, Rabu, (9/6/2021).

Halaman
12
Penulis: Taufik Ismail
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved