Breaking News:

Bawaslu dan KPU Sebut Peran DKPP Penting untuk Demokrasi dan Pemilu

DKPP telah berhasil mengawal dan menjaga kemandirian serta profesionalitas penyelenggara pemilu.

TRIBUNNEWS/Jeprima
Ketua KPU Ilham Saputra 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Merayakan Hari Lahir ke-9 tahun, peran Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) mengawal dan menegakan integritas penyelenggara pemilu mendapat apresiasi dari banyak pihak. Salah satunya Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI.

Tidak hanya integritas, DKPP juga telah berhasil mengawal dan menjaga kemandirian serta profesionalitas penyelenggara pemilu.

“Keberadaan DKPP telah mengawal serta menjaga integritas, kemandirian, serta profesionalitas penyelenggara pemilu,” kata Ketua Bawaslu Abhan dalam acara Syukuran HUT ke-9 DKPP RI yang dilaksanakan secara luring dan daring dari Ruang Sidang Utama DKPP pada Senin (14/6/2021).

Kehadiran DKPP, sambung Abhan, menjadikan Indonesia dengan penyelenggara pemilu terlengkap dan satu-satunya di dunia.

"Terdiri dari tiga lembaga yang menjadi satu kesatuan yakni DKPP, Bawaslu, dan KPU," katanya.

Baca juga: Rifkinizamy Protes DKPP RI di DPR, Habib Banua: Jangan Gunakan Kewenangan Untuk Kepentingan Kampanye

Meskipun menjadi yang paling muda dibandingkan Bawaslu dan KPU, Abhan mengatakan DKPP berperan yang sangat besar dalam mengawal demokrasi melalui penyelenggara pemilu di Indonesia.

“Ketiga lembaga ini juga saling mengawasi dan melengkapi, tentunya sebagai check and balances di antara tiga,” sambung Abhan.

Abhan berharap peran DKPP lebih besar lagi terutama mengawal dan menjaga integritas pemilu menyongsong pemilu serentak 2024.

Hal senada juga disampaikan Ketua KPU RI, Ilham Saputra.

Di usianya yang ke-9 DKPP banyak menghasilkan sejumlah peraturan atau regulasi sebagai penentu demokrasi serta pemilu di Indonesia.

Halaman
12
Penulis: Reza Deni
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved