Breaking News:

Bursa Capres

LSI Denny JA: Berpotensi Jadi Capres/Cawapres, Airlangga King Maker Paling Komplet pada Pilpres 2024

Peneliti Senior LSI Denny JA Adjie Alfaraby menilai Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dinilai sebagai king maker

Istimewa
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Komisi Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Peneliti Senior LSI Denny JA Adjie Alfaraby menilai Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dinilai sebagai king maker yang paling lengkap dan komplet.

Pasalnya, nama Airlangga berpotensi di dua posisi yakni sebagai calon presiden atau calon wakil presiden di 2024.

Baca juga: Survei: GrabFood Jadi Layanan Food Delivery Pilihan Gen Z

"Selain berpontensi atau punya kapasitas untuk menjadi King Maker di 2024, Airlangga Hartarto masih punya potensi menjadi Capres maupun Cawapres.

Jadi dengan kategori King Maker dan peluang mereka menjadi King atau Wakil King, maka dari tiga nama ini yang masih terbuka peluangnya adalah Airlangga Hartarto baik sebagai Capres maupun Cawapres," ujar Adjie dalam konferensi pers hasil temuan survei nasional opini publik Denny JA berjudul 3 King/Queen Maker Pilpres 2024 dan Komplikasinya, Kamis (17/6/2021).

Adjie menjelaskan dalam temuan surveinya, LSI Denny JA menemukan bahwa terdapat tiga nama King atau Queen Maker yang akan menentukan arah Pilpres 2024.

Tiga nama tersebut adalah Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Baca juga: Survei LSI Denny JA: Prabowo, Ganjar, Anies Saat Ini Belum Jadi Capres Premium

"Ada tiga king atau queen maker dalam Pilpres 2024. Mengapa ada tiga tokoh ini kita sebut king atau queen 2024? Karena mereka sudah mengantongi minimal 3/4 tiket atau tiket penuh," jelasnya.

Adjie menambahkan, alasan mengapa ketiga tokoh tersebut mampu menjadi King/Queen Maker di 2024.

Baca juga: Nurul Arifin Bersyukur Golkar Berada di Peringkat Tiga Besar Survei SMRC

"Megawati mampu menjadi queen maker lantaran berdasarkan kursi di DPR, PDIP menguasai 128 kursi atau 19,3 persen, sehingga PDIP memenuhi syarat dan berhak mengusung capres dan cawapres sendiri di Pilpres 2024," kata Adjie.

Halaman
12
Penulis: Reza Deni
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved