Breaking News:

Pemerintah Akan Bantu UMKM Manfaatkan Ruang Digital

Pemerintah terus berupaya membangkitkan para pelaku Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang terdampak Pandemi Covid-19.

Tribunnews/Jeprima
Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo), Johnny G Plate. 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Pemerintah terus berupaya membangkitkan para pelaku Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang terdampak Pandemi Covid-19.

Salah satunya dengan membantu para UMKM memanfaatkan ruang digital.

“Dengan menggunakan ruang digital, disinyalir potensi dagang daring yang dilakukan dapat menjadi lebih besar daripada sebelumnya. Mengingat daya jangkau yang menembus batas wilayah daerah bahkan bisa mencapai negara lain,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate dikutip dari Sekretaris Kabinet, Jumat (18/6/2021).

Johnny mengatakan pihaknya menerapkan berbagai kebijakan strategis untuk mendorong para pelaku UMKM memanfaatkan ruang digital.

Di antaranya dengan membentuk forum ekonomi digital.

“Kita langsung mengambil langkah cepat dengan membentuk Forum Ekonomi Digital Kominfo yang dihadiri oleh 11 operator digital yang bersepakat menjadikan UMKM Indonesia menjadi tuan rumah di negaranya sendiri,” ujarnya.

Baca juga: Syarief Hasan: UMKM Perlu Mendapat Perlindungan dan Bantuan Di Masa Pandemi

Pemerintah kata dia, berkomitmen menyediakan jaringan telekomunikasi komunikasi berkualitas yang bisa digunakan pelaku usaha dalam kegiatan dagang daring.

Sehingga di tengah berbagai keterbatasan para pelaku UMKM dapat melakukan dagang daring dari rumahnya masing-masing tanpa harus bertatap muka.

“Kita mempunyai 348 ribu kilometer panjang kabel fiber optik yang akan membuat jaringan telekomunikasi berkualitas di berbagai daerah,” ujarnya.

Baca juga: Pendapatan Melejit Sampai Bisa Umrah, UMKM Bangkalan Rasakan Manfaat Jadi Agen Laku Pandai

Halaman
12
Penulis: Taufik Ismail
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved