Breaking News:

Virus Corona

Bukan Evakuasi, Pemerintah Jepang Mengaku Bawa Pulang Warganya Untuk Program Vaksinasi

Pemerintah Jepang saat ini tengah berupaya menyiapkan program vaksinasi virus corona (Covid-19) bagi warganya yang selama ini berada di luar negeri.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Sanusi
dok Angkasa Pura II
ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Jepang saat ini tengah berupaya menyiapkan program vaksinasi virus corona (Covid-19) bagi warganya yang selama ini berada di luar negeri.

Ini dilakukan sebagai upaya pemberian perlindungan bagi warganya yang memang selama ini belum memperoleh kesempatan untuk mendapatkan vaksinasi di negara tempat mereka bermukim sementara.

Hal inilah yang membuat pemerintah Jepang akan mengambil opsi untuk menerbangkan warganya yang ingin kembali ke Jepang melalui penerbangan khusus.

Baca juga: Tiba di Bandara Narita, 50 Warga Jepang Jalani Tes Covid-19 di Stasiun Karantina

Termasuk warganya yang selama ini bekerja maupun memiliki bisnis di Indonesia.

Kedutaan Besar (Kedubes) Jepang untuk Republik Indonesia menyampaikan bahwa program vaksinasi kali ini memang sengaja difokuskan untuk menyasar warga Jepang yang berada di luar negeri namun tidak atau belum divaksinasi.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Indonesia Tak Terbendung, Warga Arab Saudi, Taiwan, dan Jepang Dievakuasi

"Saat ini Pemerintah Jepang sedang menyiapkan program vaksinasi bagi warga negara Jepang yang berada di luar Jepang dan tidak bisa atau belum mendapat kesempatan untuk menerima vaksinasi di negara tempat tinggal mereka saat ini," kata Kedubes Jepang, melalui pernyataan singkatnya, Kamis (15/7/2021).

Baca juga: Warga Arab Saudi, Taiwan, dan Jepang Dievakuasi dari Indonesia setelah Kasus Covid-19 Melonjak

Karena program yang diinisiasi pemerintah Jepang ini akan dimulai pada awal Agustus mendatang, maka jumlah reservasi penerbangan ke Jepang pun diprediksi akan mengalami peningkatan di luar kapasitas penerbangan maskapai yang tersedia.

Mengingat Indonesia juga tengah mengalami gelombang kedua pandemi Covid-19, ini membuat pemerintah Indonesia juga memiliki peraturan khusus bagi mereka yang hendak melakukan perjalanan internasional yakni tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Program yang akan dimulai 1 Agustus mendatang di Jepang, diperkirakan akan meningkatkan jumlah reservasi penerbangan ke Jepang dari Indonesia di luar kapasitas, akibat pengurangan penerbangan terkait kebijakan penanganan pandemi dan meningkatnya jumlah kasus Covid-19 di negara ini," jelas Kedubes Jepang.

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved