Breaking News:

Virus Corona

1.000 Lebih Nakes Gugur, Pimpinan DPR: Indonesia Berduka, Segera Penuhi Hak-hak Mereka

Pemerintah diminta memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para nakes, satu di antaranya dengan mencairkan bonus bagi para nakes. 

Tribun Jakarta
Diiringi isak tangis, puluhan tenaga medis lakukan doa bersama dan beri penghormatan terakhir untuk Devi Ratna Sari (30) di Puskesmas Duren Sawit, Jakarta Timur, Rabu (14/7/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung setahun lebih menyebabkan sedikitnya 73.582 korban jiwa. 

Dari jumlah itu, ternyata tenaga kesehatan (nakes) baik dokter maupun perawat yang meninggal dunia akibat Covid-19 cukup tinggi, mencapai lebih dari 1.000 orang. 

Mengacu pada data Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), per 18 Juli 2021, ada sebanyak 545 dokter di Indonesia meninggal dunia akibat Corona. 

Baca juga: Panglima TNI: Nakes dan Babinsa Tulang Punggung Perang Lawan Covid-19, Tidak Boleh Sakit

Sementara data dari Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), sekitar 7.392 perawat yang terkonfirmasi positif, suspek sebanyak 309, dan mereka yang gugur sebanyak 445 teman perawat.

Jika ditotal seluruh nakes  di Indonesia yang meninggal dunia mengacu pada data Pusara Digital LaporCovid-19 per 18 Juli 2021 mencapai 1.439 orang. 

Rinciannya, dokter sebanyak 545, bidan 226, apoteker 47, perawat 445, sanitarian 5, tenaga farmasi 3, dokter gigi 46, petugas ambulans 3, rekam radiologi 9, terapis gigi 3, epidemiolog 2, fisikawan medik 1, entomolog 1, ATLM 43, elektromedik 3, dan tenaga medis lainnya 57 orang.  

Baca juga: Suasana Haru Iringi Penghormatan Bidan Puskesmas Duren Sawit yang Meninggal Terpapar Covid

Wakil Ketua DPR Bidang Korkesra Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) mengaku sangat prihatin dan menyampaikan duka yang mendalam melihat fakta yang menyedihkan ini. 

Sebab, dokter maupun perawat merupakan ujung tombak yang berada di garda terdepan peperangan melawan Covid-19.  

”Nakes adalah kita. Ketika nakes sakit maka kitapun sakit. Ketika nakes tidak selamat, Indonesia tidak selamat. Perang melawan Corona hari-hari ini harus kita menangkan. Indonesia harus menang. Indonesia tidak boleh kalah,” kata Gus Muhaimin kepada wartawan, Senin (19/7/2021). 

Dikatakan Gus Muhaimin, para nakes seperti dokter maupun perawat telah memberikan segalanya untuk Indonesia. 

Halaman
123
Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Theresia Felisiani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved