Breaking News:

Penanganan Covid

Mahfud MD Dapat Dukungan PBNU dan KWI Bantu Pemerintah Tangani Pandemi Covid-19

Mahfud mengajak para pemuka agama berikan kesadaran pada umat beragama bahwa Covid-19 itu ada dan masih akan berlangsung dalam waktu yang panjang.

Tribunnews.com/Gita Irawan
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD saat konferensi pers di kantor Kemenko Polhukam Jakarta pada Selasa (8/6/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD mendapatkan dukungan dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI) untuk membantu pemerintah menangani pandemi covid-19.

Dalam hal ini Mahfud mengajak para pemuka agama untuk memberikan kesadaran kepada umat beragama bahwa Covid-19 itu ada dan masih akan berlangsung dalam waktu yang panjang.

Dengan demikian, kerjasama pemerintah dengan ormas keagamaan menjadi penting.

Baca juga: Gubernur DKI Anies dan Wali Kota Bogor Bima Arya Bicara Soal Warganya yang Meninggal saat Isoman

Hal tersebut pun disambut baik oleh Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Said Aqil Siradj dalam dialog virtual Menko Polhukam dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) pada Senin sore (26/7/2021) terkait pandemi Covid-19.

Menurut Said, sekarang saatnya bergandengan tangan, baik partai pendukung, oposisi, masyarakat manapun, harus bergandengan tangan.

"Jangan sampai malah ini dibikin kesempatan untuk tujuan target politik. Tidak etis, tidak berakhlak, tidak bermoral orang yang melakukan agenda politik di saat gawat seperti ini," kata Said dalam keterangan resmi Tim Humas Kemenko Polhukam pada Selasa (27/7/2021).

Baca juga: Presiden Jokowi Minta Bantuan MUI Beri Pemahaman ke Masyarakat Soal Vaksin Covid-19 

Dalam Islam, kata Said, dikatakan ada Hifdzun-Nafs, ada Hifdzun Maa yaitu bagaimana menyelamatkan jiwa dulu, baru ekonomi.

"Yang paling penting jiwa dulu. Nyawa dulu, Kesehatan dulu. Dengan sekuat tenaga,” kata Said.

Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini juga menyoroti bagaimana upaya NU membangun kekebalan komunal di pesantren-pesantren sebagai prioritas. 

Mahfud mengatakan gagasan kerja sama memaksimalkan vaksin dan membangun herd immunity di lingkungan pesantren sangat menarik.

Baca juga: PBNU Targetkan Vaksinasi 3 Ribu Orang di Masjid Raya Hasyim Asyari Jakarta Barat

Halaman
12
Penulis: Gita Irawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved