Breaking News:

Fadli Zon Tanggapi Pernyataan Megawati yang Bicara Soal Sumbar: 'Urang Minang Tak Pernah Berubah'

Fadli menegaskan bahwa falsafah yang ada di Sumatera Barat, yakni "Basandi Syara', Syara' Basandi Kitabullah" tetap dipegang teguh warga Minang.

Penulis: chaerul umam
Editor: Dewi Agustina
Tribunnews.com/ Chaerul Umam
Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dalam acara peringatan Hari Anak Nasional 2021, yang disiarkan di akun YouTube Kementerian PPPA, Jumat (23/7/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota DPR RI Fraksi Gerindra yang berasal dari Sumatera Barat (Sumbar) Fadli Zon, menanggapi pernyataan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri yang menyebut Sumbar kini berbeda.

Fadli menegaskan bahwa falsafah yang ada di Sumatera Barat, yakni "Basandi Syara', Syara' Basandi Kitabullah" tetap dipegang teguh warga Minang.

"Urang Minang (Sumatera Barat) dengan adat istiadatnya adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah tak pernah berubah," kata Fadli dalam akun Twitter-nya, seperti dikutip Tribunnews, Jumat (13/8/2021).

Justru, kata Fadli, beberapa tokoh yang berada di pemerintahan tak paham dengan budaya dan sejarah Minang.

"Yang sudah beda justru sikap beberapa tokoh pemerintah pusat terhadap Sumbar karena kurang paham sejarah dan budaya Minang yang demokratis dan antifeodalisme," ujar Fadli.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengungkapkan jika kini Sumatera Barat (Sumbar) telah berbeda dari yang ia kenal.

Bahkan, Megawati pernah mempertanyakan kegelisahannya ini kepada tokoh Muhammadiyah kelahiran Sumbar, Ahmad Syafii Maarif.

Diketahui, Megawati bersama Ahmad Syafii Maarif sama-sama berada di Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Hal itu disampaikan Megawati dalam acara webinar peringatan HUT Mohammad Hatta ke-119, yang digelar oleh Badan Nasional Kebudayaan Pusat (BKNP) PDIP, secara virtual melalui kanal YouTube bknp pdiperjuangan, Kamis (12/8/2021).

Baca juga: Megawati Ungkap Sumatera Barat yang Dulu Dikenalnya Sekarang Mulai Berbeda

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved