Breaking News:

Gejolak di Partai Demokrat

Gugatan Kubu AHY Terkait Pelaksanaan KLB Demokrat Ditolak Pengadilan

PN Jakpus menolak gugatan yang diajukan AHY)terkait aktivitas penyelenggaraan KLB Partai Demokrat yang digelar 12 orang kader Demokrat.

Warta Kota/Nur Ichsan
Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) didampingi jajaran pengurus dan pendukung setianya menyampaikan pesan pertamanya usai partai yang dipimpinnya dinyatakan sah oleh pemerintah, di Jakarta, Rabu (31/3/2021). Sebelumnya, pemerintah melalui Kemenkumham telah menolak Partai Demokrat versi KLB dan memutuskan DPP Partai Demokrat pimpinan AHY adalah partai yang sah. Warta Kota/Nur Ichsan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat menolak gugatan yang diajukan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) terkait aktivitas penyelenggaraan Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat yang digelar 12 orang kader Demokrat, termasuk Jhoni Allen, Marzuki Alie dan Darmizal. 

Putusan tersebut dibacakan Kamis (12/8) sore oleh Ketua Majelis Hakim H. Syaifudin Zuhri. 

Majelis hakim menyatakan putusan perkara Nomor 236/Pdt.G/2021/PN.JKT.PST itu tidak dapat diterima karena AHY sebagai penggugat beritikad tidak baik lantaran tidak pernah menghadiri sidang mediasi. 

"Memutuskan gugatan (AHY) tidak dapat diterima (Niet Ontvankelijke Verklaard)," ujar Majelis Hakim dalam putusannya. 

Baca juga: Profil Wamendes Budi Arie, Dilaporkan Partai Demokrat Kubu AHY Terkait Unggahannya di Media Sosial

DPP Partai Demokrat pimpinan Moeldoko sangat mengapresiasi putusan tersebut.

Juru bicara DPP Partai Demokrat pimpinan Moeldoko Muhammad Rahmad mengatakan hal itu menjadi bukti bahwa tuduhan Kubu AHY terhadap KLB Deli Serdang tidak terbukti dan hanya mengada-ada. 

"Kubu AHY tak perlu pula panik dan asal tuduh. Pengadilan adalah muara tempat menyelesaikan persoalan hukum. Karena itu, mari sama sama kita hargai. Ronde kedua di PTUN juga sudah menunggu," ujar Rahmad, dalam keterangannya, Jumat (13/8/2021). 

Baca juga: PROFIL Bupati Bintan Apri Sujadi, Tersangka Kasus Korupsi, eks-Kader Demokrat yang Dipecat AHY

Putusan ini, kata Rahmad, adalah kunci untuk memenangkan gugatan keabsahan KLB Partai Demokrat di PTUN.

Dengan putusan ini, semua pihak dapat menyaksikan bahwa penyelenggaraan KLB Demokrat di Sibolagit adalah sah secara hukum.

"Penggunaan atribut Partai Demokrat oleh DPP Partai Demokrat KLB Deli Serdang juga sah secara hukum. Keabsahan itu akan paripurna ketika nanti sudah ada putusan inkrah pengadilan," kata Rahmad. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved