Sejarah Singkat Hari Pramuka 14 Agustus, Simak Kumpulan Link Twibbonnya Berikut Ini

Hari Pramuka ke-60 diperingati pada tanggal 14 Agustus 2021, besok. Simak kumpulan link twibbon dan cara membuatnya berikut ini.

Pramuka.id
Hari Pramuka ke-60 diperingati pada tanggal 14 Agustus 2021, besok. 

TRIBUNNEWS.COM - Hari Pramuka Nasional diperingati setiap satu tahun sekali, yaitu pada 14 Agustus.

Gerakan Pramuka merupakan gerakan yang didirikan dengan tujuan membentuk mental penerus bangsa agar bisa berbakti pada negeri.

Dikutip dari Bobo.grid.id, istilah Pramuka brasal dari bahasa Inggris scouting, yang pertama kali diperkenalkan oleh Sir Robert Baden Powell.

Sejarah kepramukaan sebelumnya diadakan sebagai sebuah cara untuk membina kaum muda di Inggris yang terlibat dalam kekerasan dan tindak kejahatan.

Setelah itu, secara intensif Boden Powell melatih pemuda untuk berkemah di pulau Brownsea selama 8 hari pada tahun 1907.

Karena hal tersebut, Boden Powell dikenal sebagai bapak Pramuka dunia.

Lalu gerakan pramuka ini menyebar hingga negara Indonesia.

Gerakan Pramuka dilambangkan dengan simbol tunas kelapa.

Hal tersebut ditentukan dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 238 Tahun 1961 yang  diputuskan sejak tanggal 20 Mei 1961.

Kemudian gerakan pramuka secara resmi diperkenalkan ke masyarakat Indonesia pada tanggal 14 Agustus 1961, setelah Presiden Republik Indonesia menganugerahkan Panji Gerakan Pramuka dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 448 Tahun 1961.

Sejak saat itulah tanggal 14 Agustus diperingati sebagai Hari Ulang tahun Gerakan Pramuka di Indonesia.

Pada Hari Pramuka yang ke-60 kali ini, mengusung tema "Berbakti Tanpa Henti".

Dikutip dari pramuka.id, Komjen Pol. (Purn) Drs. Budi Waseso selaku Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, mengajak seluruh anggota Gerakan Pramuka untuk terus berbakti membantu, berbagi kepada sesama termasuk berbakti tanpa henti dalam perangi pandemi covid-19.

"Marilah kita berbakti tanpa henti mengupayakan agar jumlah masyarakat yang terpapar penyakit covid-19 semakin menurun," ungkap Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dalam sambutan yang dibacakan oleh Sekjen Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Mayjen TNI (Purn) Dr. Bachtiar S.IP., M.A.P saat menutup kegiatan vaksinasi dosis kedua di lingkungan Kwarnas Gerakan Pramuka bertempat di Aula Sarbini, Kompleks TRW, Cibubur, Jakarta, Selasa (3/8/2021).

Baca juga: Ini Pesan Presiden Jokowi Kepada Seluruh Anggota Pramuka

Baca juga: Jokowi: Pramuka Harus Jadi Pelopor Disiplin Prokes bagi Masyarakat

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved