Breaking News:

Yenny Wahid Sarankan Garuda Migrasikan Sistem IT dari GDS ke NDC: Bisa Hemat Rp 1 Triliun Setahun

Yenny Wahid menyarankan Garuda untuk melakukan migrasi sistem IT untuk mengatasi krisis yang dialami perusahaan pelat merah itu.

Gita Irawan
Mantan Komisaris Independen PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Yenny Wahid. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mantan Komisaris Independen PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Yenny Wahid menyarankan Garuda untuk melakukan migrasi sistem IT untuk mengatasi krisis yang dialami perusahaan pelat merah itu.

"Salah satu hal yang kemarin saya minta fokus itu saya minta ada migrasi sistem IT kita," ujar Yenny, saat wawancara khusus dengan Direktur Pemberitaan Tribun Network Febby Mahendra Putra dan News Manager Tribun Network Rachmat Hidayat, Senin (16/8/2021).

Yenny beralasan sistem IT yang digunakan Garuda Indonesia saat ini masih terlalu mahal.

Diketahui, Garuda Indonesia menggunakan sistem IT bernama Global Distribution System (GDS).

"Karena sistem IT Garuda menurut saya masih terlalu mahal dan ini hubungannya sama passenger service system kita. Jadi kita memakai sistem IT yang namanya GDS itu agak mahal sewanya," jelasnya.

Padahal, kata Yenny, sudah banyak maskapai penerbangan lain yang sudah mulai beralih dari GDS menuju sistem IT bernama New Distribution Capability (NDC).

Baca juga: Cerita Yenny Wahid Soal Pengorbanan Awak Kabin: Rela Dirumahkan Demi Garuda Tetap Mengudara

Dia mengatakan sistem IT NDC lebih efisien dari GDS serta lebih memberikan proteksi data pelanggan pengguna maskapai.

"Sistem baru yang lebih efisien dan lebih memberikan proteksi data pelanggan dan data pelanggan menjadi milik data airlines, itu namanya New Distribution Capability (NDC)," kata Yenny.

Lebih lanjut, Yenny menegaskan dirinya berusaha mengusahakan migrasi sistem IT Garuda Indonesia ke NDC lantaran diyakini bakal menghemat sebanyak Rp1 triliun dalam setahun.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved